Sumber: infonawacita.com

Yogyakarta, LiputanIslam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyerukan kepada perempuan-perempuan Indonesia agar menjadi ibu bangsa. Ibu yang mendidik anak-anak sebagai penerus masa depan bangsa. Hal itu disampaikan Presiden pada acara Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia sekaligus General Assembly International Council of Women ke-35 di Yogyakarta, pada Jumat (14/9).

“Jadilah Ibu Bangsa wahai perempuan Indonesia. Saya ulangi, jadilah Ibu Bangsa wahai perempuan Indonesia. Ini adalah sebuah tanggung jawab besar perempuan Indonesia untuk menjadi Ibu Bangsa.” serunya.

Presiden menjelaskan bahwa Ibu Bangsa yang ia maksud adalah mereka yang mendidik anak-anak sebagai penerus masa depan bangsa, yang memperbaiki mentalitas bangsa. Ibu yang menjaga moral keluarga, yang menjaga alam untuk cucunya, serta yang menggerakkan ekonomi keluarga untuk masyarakat.

Bahkan sejak berdiri sebagai bangsa, Indonesia memiliki banyak sekali tokoh perempuan yang menjadi inspirasi bangsa. “Zaman dulu kita mengenal perempuan-perempuan pejuang kemerdekaan. Dari Laksamana Malahayati, Dewi Sartika, Ibu Kartini, Christina Martha Tiahahu, dan banyak lagi pahlawan-pahlawan perempuan kita,” ucapnya.

Sementara kiprah kaum perempuan saat ini juga dapat dirasakan dalam pemerintahan. Tercatat, saat ini, sebanyak 8 pos menteri Kabinet Kerja diisi oleh kaum perempuan. “Ada yang lemah lembut gemulai seperti Bu Yohana Yembise dan Nila Moeloek. Tapi ada juga yang aktif, agresif, dan galak seperti Bu Susi. Tapi yang jelas kalau 8 menteri saya ini ngambek bareng, pusing saya,” canda Presiden disambut tawa peserta acara.

Peran perempuan dalam ajang Asian Games lalu juga sangat dirasakan. Dari 31 medali emas yang diperoleh Indonesia, sebanyak 12 medali disumbangkan oleh para atlet perempuan Indonesia. Artinya perempuan Indonesia hebat-hebat.

“Coba kita lihat yang dapat emas. Kita punya spider woman Aries Susanti dan Puji Lestari. Ini dapat 2 emas di panjat tebing. Cepat sekali. Kemudian ini Lindswell di wushu kita juga dapat 1 emas. Ini ratu wushu Asia. Artinya kita punya srikandi-srikandi yang akan berjuang untuk Merah Putih, untuk negara kita,” ungkap Presiden.

“Saya kira banyak kiprah perempuan di negara kita yang tidak kalah dengan negara-negara lain,” imbuhnya. (ar/setkab).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*