Sumber: kemenag.go.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag), Kamaruddin Amin mengatakan bahwa moderasi beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia adalah suatu keharusan. Oleh karenanya, pihaknya saat ini sedang menyusun buku putih dalam rangka mengarusutamakan moderasi beragama di Indonesia.

“Karena Indonesia adalah negara, bangsa, yang sangat majemuk di suatu sisi, dan di sisi lain sangat religius,” ujarnya di Jakarta, pada Selasa (12/3).

Sikap moderat dalam beragama menunjukkan upaya untuk merawat toleransi di tengah masyarakat, demi kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih damai lagi. Kamaruddin menilai, buku putih Moderasi Beragama nantinya dimaksudkan sebagai pedoman dalam mengimplementasikan hal tersebut, utamanya bagi kalangan aparatur sipil negara (ASN).

“Buku putih itu nanti isinya terkait tentang apa itu moderasi beragama, dan mengapa moderasi agama itu penting,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas Data dan Informasi (HDI) Kemenag Mastuki menerangkan, buku Moderasi Beragama dibuat sebagai panduan dalam memudahkan para pejabat maupun ASN di lingkungan direktorat jenderal, kantor-kantor wilayah, hingga perguruan tinggi yang berada di bawah Kemenag. (aw/republika).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*