Sumber: nu.or.id

Bandar Lampung, LiputanIslam.com– Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung (Kemenag) H Suhaili angkat bicara terkait berbagai persoalan keagamaan dan kebangsaan akhir-akhir ini. Menurutnya, saat ini banyak pemeluk agama yang tidak siap hidup berdampingan ditengah keberagaman kita sebagai bangsa. Hal itu  disebabkan karena mereka mengekspresikan kebenaran agamanya secara monolitik, eksklusif, dan menafikan kebenaran yang lain.

“Masalahnya sering kita lihat bahwa para pemeluknya telah mengekspresikan kebenaran agamanya secara monolitik dan eksklusif, dalam arti bahwa subjektivitas kebenaran yang diyakininya seringkali menafikan agama yang diyakini pihak lain,” ujar Suhaili saat mengisi Acara Workshop Multikulturalisme Intern Umat Islam, di Hotel Kurnia Bandar Lampung, pada Kamis (20/7).

Suhaili menjelaskan, padahal semestinya keberagaman tersebut dapat dijadikan sebagai alat pemersatu kita dalam upaya mencapai kemaslahatan bersama. Bukan justru menjadi konflik dan saling berbenturan. Menurutnya, karakter asli agama adalah membawa misi sebagai pembawa kedamaian dan keselarasan hidup bukan saja antar manusia, tetapi juga antar sesama makhluk Tuhan penghuni semesta ini.

Ia juga mengingatkan tentang penyebab utama yang menimbulkan konflik dalam keberagaman adalah sikap intoleransi. “Yang menyebabkan intoleransi adalah absolutisme (kesombongan intelektual), ekslusivisme (kesombongan sosial), fanatisme (kesombongan emosional), ekstremisme (berlebih-lebihan dalam bersikap), dan agresivisme (berlebih-lebihan dalam melakukan tindakan fisik),” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Suhaili juga sangat menyayangkan saat ini kemajemukan yang ada sering dijadikan perdebatan khususnya di media sosial yang menjurus kepada perpecahan. “Umat Islam jangan larut dalam hiruk pikuk perdebatan perbedaan pandangan Agama di medsos. Banyak yang merasa Paling benar sendiri seolah-olah mau masuk surga sendiri,” ucapnya. (Ar/NU Online)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL