Sumber: marketeers.com

Jombang, LiputanIslam.com– Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang, KH. Abdul Salam Shohib mendorong pemerintah melalui Kementrian Agama (Kemenag) agar segera membentuk Direktorat Jenderal (Dirjen) yang khusus menangani pesantren di Indonesia. Hal itu ia sampaikan di Jombang, Jawa Timur, seperti dilansir republika.co.id, pada Selasa (9/1).

“Minimal harus ada dirjen khusus yang menangani pesantren karena pesantren itu ribuan bahkan puluhan ribu jumlahnya. Mereka butuh sentuhan yang intensif. Kita harus dorong terus agar segera bentuk Dirjen Pesantren,” ucapnya.

Kiai Abdul Salam mengatakan bahwa berdasarkan banyaknya jumlah pesantren di Indonesia, seharusnya pesantren memiliki kementeriannya sendiri. Namun karena hal tersebut tidak memungkinkan minimal harus dibentuk dirjen khusus untuk pesantren. Menurutnya, dunia pesantren juga butuh perhatian dari pemerintah.

Sementara hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Noor Achmad yang mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendorong Kemenag agar membentuk dirjen pesantren. “Belum, kita akan secepatnya minta progres dari Kemenag. Tidak usah menunggu undang-undang tentang Pendidikan Agama dan Pesantren karena hal itu cukup lama,” ujarnya.

“Melihat mendesaknya kepentingan bagi suksesnya program nawacita serta kebutuhan penataan dan penguatan pesantren di Indonesia, perlu ada Dirjen Pesantren,” tambah Noor Ahmad. (Ar/Republika).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL