antara

antara

LiputanIslam.com – Indonesia berada di peringkat 19 Negara Berkekuatan Militer Terbesar di Dunia. Posisi Indonesia hanya terpaut satu peringkat diatas Australia (Baca: Bagaimana Nasib Akhir Gembong Narkoba dari Australia?). Sedangkan Malaysia dan Singapura tidak termasuk dalam daftar 35 negara yang militernya paling kuat menurut laporan Business Insider.

Seperti dilansir dari tribunnews.com, Business Insider melakukan evaluasi sederhana menggunakan Indeks Global Firepower. Indeks tersebut melakukan peringkat 106 negara berdasarkan 50 faktor termasuk anggaran milier dan jumlah peralatan militar setiap negara serta akses ke sumber daya alam.

Sayangnya indeks tersebut hanya menggambarkan kondisi kuantitatif dan bukan kondisi kualitatif yang benar-benar mencerminkan kondisi milier sebuah negara. Selain itu juga kepemilikan nuklir juga diabaikan. Hal tersebut jelas merupakan kartu truf dalam geopolitik.

Namun perlu diingat bahwa peringkat tersebut dirilis pada bulan April (sebelum kejadian invasi Rusia ke Ukraina bagian Timur serta serbuan ISIS di Irak dan perseteruan Israel dan Hamas) yang melibatkan sejumlah data yang sangat kompleks dan akan terus berubah.

Untuk kawasan ASEAN sendiri menurut data tersebut, Indonesia berada pada posisi pertama. Sedangkan jika dibandingkan dengan 34 negara lainnya, posisi Indonesia berada pada posisi 19 dengan kekuatan militer terbesar di dunia. Padahal pada tahun 2013 posisi Indonesia ada di peringkat 15 sementara Australia ada di posisi 23. Kini posisi Australia semakin mengejar Indonesia.

Sementara negara ASEAN yang masuk perhitungan hanya Vietnam (23) dan Thailand (24). Maka, Indonesia patut berbangga memiliki peringkat tersebut tanpa terlena.

Pada peringkat tiga besar berturut turut adalah Amerika Serikat, Rusia dan China. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL