Sumber: jabar.tribunnews.com

Bandung, LiputanIslam.com– Walikota Bandung Ridwan Kamil (Kang Emil) mengatakan bahwa sepanjang tahun 2017 ini pembangunan dan aktivitas keagamaan di Kota Bandung meningkat. Berkat adanya pembangunan tersebut, banyak penghargaan yang diraih. Bahkan Kang Emil mengaku dirinya paling terkesan dengan kebangkitan semangat para pemuda yang mulai aktif ke masjid.

“Saya harus berterima kasih ke ulama dan pemuda. Dulu, yang ke masjid tak sebanyak 2017,” ucapnya di Bandung, Jawa Barat, seperti dilansir republika.co.id, pada Minggu (31/12).

Kang Emil mengaku senang shalat Subuh berjamaaah yang menjadi program utama Pemkot Bandung di bidang keagamaan mendapatkan antusiasme yang besar dari masyarakat. “Ini program favorit saya karena warga nggak ada yang tunduh (mengantuk, red) batrenya masih bagus,” ujarnya.

Program Magrib Mengaji juga meningkat signifikan pada tahun 2017 ini. Yakni, telah ada 3.000  masjid di Kota Bandung yang melaksanakan program magrib mengaji. Dari 4.000 masjid yang ada, sudah 3/4 nya menggelar magrib mengaji karena memang tak semua masjid ada kegiatan untuk anak-anaknya.

Kemudian program yang paling menonol adalah Zakat PNS. Menurutnya, perolehan zakat PNS meningkat berkali-kali lipat, yakni dari Rp 6 miliar menjadi Rp 30 miliar. Zakat itu, hanya dari PNS Pemkot Bandung saja yang setiap bulan ada pemotongan langsung atau menggunakan digital.

“Karena potensinya besar, jadi setiap ke masjid saya bisa nyumbang Rp 10 juta nggka bingung lagi uangnga dari mana. Itu, zakat dari 9 ribu PNS,” ungkap Kang Emil (Ar/Republika).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*