Sumber: Metropolitan.id

Bandung, Liputanislam.com– Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil (Kang Emil) menggandeng mahasiswa untuk menjaga dan mengembangkan budaya Sunda. Menurutnya, masyarakat Jabar jangan sampai mengekor budaya luar (asing), apalagi kalau sampai tercerabut dari akar budaya sundanya.

Hal itu disampaikan Kang Emil saat melakukan pertemuan dengan komunitas Paguyuban Pasundan dan Daya Mahasiswa Sunda (Damas) di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), pada Rabu (6/2).

“Jangan sampai masyarakat Jabar ini tercerabut dari budayanya dengan lebih banyak mengonsumsi modernitas ketimbang lokalitas,” ucapnya.

Menurut Kang Emil, salah satu cara untuk melestarikan budaya sunda adalah dengan mengadakan pendidikan karakter dengan perlombaan kawih Sunda. “Tapi lagu anak-anak gitu, kawih barudak istilahnya. Supaya anak-anak punya pilihan dalam bersenandung, jangan Blackpink-Blackpink wae,” ujarnya.

Perlombaan kawih Sunda tersebut, rencananya akan digelar di Gedung Sate, Kota Bandung, pada Maret 2019. Pemprov Jabar, lanjut dia, akan memberikan bantuan berupa dana, venue hingga viralisasi pemerataan ke 27 daerah kabupaten/kota di Jabar. (aw/republika).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*