Sumber: nu.or.id

Semarang, LiputanIslam.com– Pencipta lagu Nasida Ria berjudul Perdamaian, KH Ahmad Bukhori Masruri menghembuskan nafas terakhirnya menghadap Allah SWT pada hari Kamis (17/5) bertepatan tanggal 1 Ramadhan 1439 Hijriyah pada pukul 08.30 WIB di Semarang, Jawa Tengah. Di bulan yang mulia pada puasa pertama bulan suci Ramadhan, beliau meninggalkan dunia untuk selama-lamanya.

Ketua PPP Jateng  H Masruhan Syamsuri, salah satu kader almarhum, di sela menanti  giliran shalat jenazah mengatakan, sejak menjadi santri hingga akhir hayatnya Kiai Buchori tidak pernah lepas dari dunia aktifitas pelayanan  kemasyarakatan terutama dalam berdakwah.

“Keaktifannya di panggung dakwah menjadikan namanya sangat populer terutama di kalangan warga NU. Selain itu karena kealimannya, Kiai Buchori juga kerap kali diundang di forum-forum ilmiah. Beliau jadi kebanggaan warga NU karena bisa tampil di masyarakat umum sekaligus juga bisa di panggung ilmiah,” tuturnya.

Semasa hidupnya, Kiai Bukhori juga aktif di NU hingga menghantarkannya menjadi Wakil Ketua tahun 1986-1990 dan berlanjut menjadi Ketua PWNU Jateng tahun 1991-1995. Meski berada di luar struktur, almarhum tetap bersemangat dalam berjuang di NU melalui dakwah-dakwah profesionalnya.

Dalam lagu-lagu Nasida Ria, ada beberapa karya fenomenal dari Kiai Bukhori diantaranya adalah Perdamaian, Dunia Dalam Berita, Damailah Palestina, Tahun 2000, Merdeka Membangun. Kemudian Masjid Tua, Wartawan Ratu Dunia, Lingkungan Hidup, dan masih banyak lagi.

Pada pelepasan almarhum, tampak hadir Katib PWNU Jateng KH Imam Syakroni, Rais NU Kota Semarang KH Hanief Ismail,  Mustasyar NU Kota Semarang KH Shodiq Hamzah, Mantan Gubernur Jateng KH Ali Mufiz, dan ribuan nahdliyin Semarang dan sekitarnya. (ar/NU Online).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*