rouhaniJakarta, LiputanIslam.com – Presiden Iran Hassan Rouhani dalam pertemuannya dengan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla (JK) mengajak agar kedua negara mengambil kesempatan untuk meningkatkan hubungan di segala bidang. Pasalnya, sanksi yang dikenakan kepada Iran atas program nuklirnya telah dicabut, dan memungkinkan bagi Iran untuk menyambung kembali jaringan perbankan internasional.

“Penghapusan sanksi dan rekoneksi link perbankan bisa menjadi batu lompatan bagi kerjasama ekonomi antara Iran dengan Indonesia,” ujar Rouhani, dalam pertemuannya di sela-sela KTT OKI di Istanbul, Turki, seperti dilansir Tasnimnews, (15/4/2016).

Menurut Rouhani, Teheran dan Jakarta memiliki potensi besar untuk kerjasama yang lebih erat di bidang energi, industri, pariwisata, serta interaksi di bidang ilmiah dan budaya.

Bagaimana tanggapan Indonesia?

Indonesia menyambut baik kesepakatan nuklir Iran dengan negara-negara P5+1, karena hal itu membuka peluang bagi Indonesia untuk memperluas hubungan dengan negeri mullah ini di segala bidang.

“Bagaimana hubungan dagang antara Iran, khususnya di industri, karena Iran setelah sanksi dilepas mereka punya kemampuan. Kedua negara sepakat untuk melanjutkan investasi dan perdagangan,” terang JK.

Selain itu, Indonesia mengajak Iran menyelesaikan konflik di Palestina dan negara-negara Islam. “Ya kita membahas hubungan kedua negara dan juga bagaimana kita bersama-sama mengatasi banyak masalah-masalah di negara-negara Islam, khususnya Palestina karena Iran punya pengaruh yang besar,” ujar JK di Istanbul, Turki, Jumat (15/4/2016) seperti dilansir Detik.com.

JK juga menyampaikan bahwa Indonesia sangat mendukung Iran untuk memperbaiki lagi hubungannya Arab Saudi. Keduanya juga menyoroti soal penanganan radikalisme dan terorisme secara bersama-sama.

Hubungan antara Syiah dan Sunni juga menjadi perbincangan hangat antara JK dan Rouhani. JK menyampaikan bahwa negara-negara Syiah dan Sunni jangan terpecah karena semuanya bagian dari Islam. “Itu kan boleh berbeda-beda, hormati saja, jangan dijadikan konflik perbedaan itu,” kata JK. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL