Sumber: suramadupost.com

Surabaya, LiputanIslam.com– Budayawan sekaligus penyair, KH Zawawi Imron ikut menanggapi atas pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak  pada bulan Juli 2018 mendatang. Ia berpesan kepada para peserta pemilu dan masyarakat Indonesia  untuk senantiasa menjaga lisan. Sebab salah satu kehormatan seseorang tergantung pada lisannya.

“Jangan menjelek-jelekkan orang lain. Mari kita berbicara sopan dan menjaga lisan kita masing-masing,” ucapnya di Surabaya, Jawa Timur, seperti dilansir NU Online, pada Minggu (7/1).

Kiai Zawawi mengatakan bahwa dalam Al-Quran Allah selalu berbicara sopan. Contohnya Allah berfirman, Hai manusia apakah kamu tidak melihat air yang kamu minum itu, siapakah yang menciptakan, kamu atau kami? “Allah saja berbicara sopan apalagi kita sebagai makhluk-Nya,” terangnya.

Orang yang selalu menjelek-jelekkan orang lain, lanjut dia, itu tanda ia tidak pernah berzikir kepada Allah, tidak pernah beribadah kepada Allah, sehingga dirinya selalu bermaksiat. “Kasihanilah orang yang berbuat maksiat karena ia tidak dekat dengan Allah. Maka tugas kita membimbingnya bukan malah dijelek-jelekkan,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Kiai Zawawi juga mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk menjaga bangsa dan tanah air ini sebagai anugerah terbesar Allah kepada kita. “Cintailah Indonesia karena kita minum air Indonesia dan menjadi darah. Kita menghirup udara Indonesia. Kita bersujud di tanah sajadah Indonesia dan kita mati di dekapan tanah Indonesia. Tidak ada alasan tidak mencintai tanah Indonesia,” ungkapnya. (Ar/NU Online).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*