GEDUNG-SATE-BANDUNG

Bandung, LiputanIslam.com – Pemerintah pusat sudah mengalokasikan dana abadi sekitar 15 triliun rupiah pada tahun 2013 dari tiga kementerian untuk pembiayaan beasiswa LPDP RI. Pada tahun yang sama dana yang sudah diserap sekitar 5 triliun rupiah. Kini beasiswa merupakan salah satu langkah strategis yang diambil pemerintah dalam menghadapi bonus demografi penduduk.

Selain itu, beasiswa juga merupakan salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menyediakan 4.000 beasiswa untuk mahasiswa, atlet, tenaga media, dan pegawai negeri sipil (PNS) pada tahun 2015.

“Beasiswa ini merupakan bagian dari program peningkatan kesejahteraan masyarakat baik bagi PNS maupun masyarakat umum,” kata Kepala Bappeda Jawa Barat, Prof Deny Juanda Puradimadja, di Bandung, Selasa, seperti di lansir dari antaranews.com (19/2).

Ia mengatakan, dengan adanya beasiswa tersebut maka diharapkan target pemenuhan kebutuhan dokter spesial di RSUD sebanyak 70 orang dokter spesialis per tahunnya bisa dipenuhi.

“Jadi sistemnya itu kalau si penerima beasiswa itu bukan PNS, maka jika sudah lulus, kerja di RSUD-nya bisa berapa hari dalam sepekannya,” kata dia.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi mengatakan beasiswa tersebut telah dianggarkan dalam pos yang bersumber dari dana hibah pada APBD Provinsi Jabar.

“Dan progesnya sampai saat ini telah masuk ke tahapan sosialisasi,” kata Ahmad Hadidi.

Menurut dia, beasiswa tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa baik dari perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) yang telah terakreditasi BAN-PT.

“Kemudian beasiswa untuk mahasiswanya juga dibatasi oleh usia. Sebagai contoh untuk S1 maksimal 25 tahun, S2 maksimal 30 tahun dan S3 maksimal 35 tahun,” kata dia.

Sementara itu, lanjut dia, untuk tahapan seleksinya akan dilaksanakan melalui kerjasama antara Pemprov Jabar dengan kampus.

“Untuk tahapan seleksi akan dilaksanakan usai terbitnya penjabaran rinci petunjuk penyaluran hibah dari APBD Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2015,” katanya. (fie/antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL