merciJakarta, LiputanIslam.com — Jakarta adalah kota yang super macet, dan hal ini pun dikeluhkan oleh turis asing yang berkunjung ke Jakarta. Matteo Meacci (35), bule warga Italia ini mendadak populer setelah videonya tentang kemacetan di Jakarta menjadi perbincangan hangat.

Meacci yang mempunya istri orang Indonesia ini memang punya pengalaman buruk dengan lalu lintas di Indonesia. Kondisinya jauh dengan di negaranya di Italia.

“Traffic gila. Pernah saya nggak bisa jalan karena macet dan jarak 5 Km bisa 1 sampai 2 jam,” terang Meacci, seperti dilansir detikcom, Selasa (29/3/2016).

“Crazy, jungle. There is no rule, (gila, seperti rimba yang tidak memiliki aturan),” imbuhnya.

Meacci memberi kritik mengenai perilaku pengendara di jalanan Jakarta dan Indonesia secara umum. Mulai dari saling serobot hingga tak mau antre di jalan. Walau pada dasarnya, kata dia, orang Indonesia itu baik, tetapi saat di jalan, tak sedikit mereka yang tak menaati aturan.

“Belajar peraturan. Walau itu susah, sangat sudah untuk diterapkan. Kerjasama di jalan dan saling menyadari dengan pengendara lain,” urai dia.

Meacci membandingkan dengan berkendara di Italia. Di sana, ada macet juga seperti di Jakarta, tetapi tertib. Pengendara tak menyerobot dan saling memberikan jalan untuk yang lain.

“Di Indonesia, lalu lintas nggak ada yang mau mengalah. Di Italia lebih ada koordinasi dan tidak egois. Saling mengerti pengendara satu dengan yang lain,” ujarnya.

Soal videonya yang diambil dari gedung tinggi di kawasan Thamrin akhir pekan lalu mengenai macet di Jakarta yang menunjukkan pengendara saling serobot, Meacci mengaku ada juga yang berkomentar jelek terkait dirinya soal video itu.

“Ada komen seperti ini “kalau nggak suka Indo balik ke negaramu”. Tapi saya mencintai Indonesia. Ada komen baik dan jelek. Komen smart dan baik saya balas. Komen buruk saya biarkan,” tutupnya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL