Sumber: kompas.com

Jakarta, Liputanislam.com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal motor listrik nasional Garansindo Electric Scooter ITS (Gesits) di halaman Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Rabu (7/11) pagi. Menurutnya, motor Gesits sudah melalui uji coba kecepatan dan daya tahannya. Pernah diuji coba dari Jakarta sampai Bali, dan tidak ada masalah. Bahkan motor ini sudah sangat baik dan ramah lingkungan.

“Tadi saya coba, karena enggak ada suara knalpotnya, enggak ada greng-grengnya. Jadi halus sekali dan ini sangat ramah lingkungan,” katanya.

Menurut Presiden, motor listrik Gesits tersebut akan segera diproduksi. Dalam 1 tahun lebih kurang diproduksi 60.000 unit atau 1 bulan 5.000 unit.  Tapi kalau pasar menyambut ini bisa dibesarkan. “Ini adalah brand dan principle 100% Indonesia. Sepeda motor listrik,” tegasnya.

Walaupun demikian, ia menegaskan pemerintah tidak akan memberikan proteksi terhadap pemasaran motor Gesits.  “Tidak bisa kita memproteksi sebuah barang gitu, tidak mendidik dalam sebuah industri usaha itu tidak mendidik. Jadi, apapun asal harganya kompetitif, lebih efisien dibanding sepeda motor yang konvensional ya akan disambut oleh pasar,” ujarnya.

Begitu juga soal harga, pemerintah tidak akan ikut campur. Namun Presiden mengingatkan bahwa hal yang paling penting atas motor listrik tersebut adalah baterainya. “Kuncinya di situ, di baterai,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Presiden menyarankan agar motor listrik nasional Gesits itu dicoba dulu di pasar lokal, dengan harga yang kompetitif sebelum diarahkan untuk ekspor. Namun Presiden memastikan, dirinya akan menjadi orang yang pertama kali membeli, jika motor listrik itu sudah diproduksi dan dijual ke pasaran. “Ini kalau sudah diproduksi, saya pembeli pertama. Saya akan beli 100,” ucapnya. (ar/setkab).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*