Nasdarc/JawaPos

Nasdarc/JawaPos

Surabaya, LiputanIslam.com – Tak hanya hebat dalam kemampuan mendesain mobil dan mobil listrik. Mahasiswa ITS kini menunjukkan juga kebolehan lainnya, mendesain sebuah kapal robot yang dilombakan dalam adu kecepatan dan ketahanan diatas air. Event National Ship Design and Race Competition (Nasdarc) ITS diikuti 48 tim untuk kategori mahasiswa. Mereka unjuk kemampuan membuat robot kapal. Satu kapal dengan kapal lainnya saling beradu, menunjukkan aksi masing-masing, sampai garis finis. Bukan hanya kecepatan, kapal harus berhasil melewati tantangan tikungan.

Satu tim terdiri atas maksimal lima anggota. Ketua panitia Nasdarc ITS Muhammad Taufik Wibowo menjelaskan tahun ini mengambil tema cross guard. Setiap peserta harus mendesain robot kapal sesuai dengan tema yang ditentukan, yakni kapal penjaga pantai, seperti dilansir dari jawapos.com.

Perlombaan dibagi menjadi dua sesi. Yaitu, lomba best design dan race. Bukan hanya kecepatan robot kapal dalam arena, desain juga menjadi fokus penting. ’’Kami juga menilai dari desain, apakah desain robot kapal sudah sesuai dengan tema dan keunikan yang dimiliki. Peserta bebas berkreasi,’’ kata Taufik.

Hanya, imbuh dia, peserta harus mengikuti peraturan paten, yaitu prototipe kapal harus memiliki panjang 70 hingga 80 sentimeter. Sementara itu, dalam race, panitia membebaskan peserta menggunakan komponen apa pun yang dapat menunjang kecepatan robot kapal. ’’Mereka bebas berkreasi asalkan dapat melaju dan dilombakan,’’ ujar mahasiswa jurusan teknik perkapalan itu.

Dalam sehari, peserta melakukan adu kecepatan kapal sebanyak dua kali. Pemenang dapat dilihat dari akumulasi poin terbanyak dari dua race. ’’Penilaian dapat dilihat dari kecepatan dan apakah kapal berhasil melewati tantangan yang diberikan,’’ imbuh mahasiswa angkatan 2013 tersebut. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*