Foto: Illustrasi/Republika.co.id

Foto: Illustrasi/Republika.co.id

Surabaya, LiputanIslam.com-Setelah sukses dengan mobil listrik dan mobil iritnya, kini Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, sedang mengembangkan bus listrik. Bus tersebut sedang melakukan rangkaian uji coba dari Jakarta ke Surabaya. Terlebih bus tersebut nantinya akan digunakan sebagai penunjang kegiatan di kampus yang dapat mengantarkan warga kampus antar fakultas.

Seperti dikutip dari antaranews.com, Rektor ITS Surabaya, Prof. Tri Yogi Yuwono DEA mengatakan bahwa “Insya Allah, bus kampus bertenaga listrik itu diluncurkan pada puncak Dies Natalis ke-54 pada 10 November,” di Surabaya, Sabtu.

ITS sendiri sudah memiliki dua bus listrik yang disponsori oleh PT Telkom dan PT Pertamina yang merupakan rancangan sendiri.

Dalam “Gugur Gunung ITS” edisi 7.1 itu, acaranya dimeriahkan dengan program bertajuk Let’s Clean the Drain of Campus and Car Free Day.

“Dalam program itu, kampus ITS bebas kendaraan bermotor selama empat jam pada Sabtu (1/11) sejak pukul 07.00 WIB hingga 11.00 WIB,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat ITS Drs Hadi Siswanto.

Selain Car Free Day untuk mendukung terciptanya lingkungan yang bebas dari polusi, acaranya juga dimeriahkan dengan kegiatan bersih-bersih selokan dalam Let’s Clean the Drain of Campus.

“Dengan minimnya kendaraan yang lewat maka partisipan akan merasa aman dalam mengerjakan bersih-bersih, apalagi rute car free day dimulai dari bundaran ITS hingga pertigaan Jurusan Biologi yang memang sering dilewati masyarakat,” ujarnya.

Untuk kegiatan pembersihan selokan juga dilaksanakan di sepanjang rute Car Free Day itu, dengan dukungan 150-an mahasiswa, terutama dari Unit Kegiatan Mahasiswa Cinta Lingkungan Hidup (PLH) Siklus ITS.

“Meski sudah ada petugas kebersihan, tapi mereka hanya membersihkan bagian atas, buktinya ketebalan daun gugur yang menumpuk di selokan sudah mencapai 25 sentimeter,” katanya.

Menurut dia, kegiatan itu dibentuk untuk menjadi awal dari kegiatan peduli lingkungan di ITS. “Dengan car free day, masyarakat akan lebih tahu jika di ITS juga sudah dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan,” ujarnya. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL