Sumber: nu.or.id

Bandar Lampung, LiputanIslaam.com– Dekan Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Alamsyah mengatakan bahwa Islam moderat saat ini dituntut untuk aktif di media online. Menurutnya, di era sosial media (sosmed) sekarang ini, media online memiliki peran strategis dalam upaya mensyiarkan Islam  yang ramah. Oleh karena itu, Islam moderat harus mampu memberikan warna dan corak pemikiran dalam kehidupan beragama sekarang ini.

“Media online saat ini memiliki peran strategis dan merupakan alat paling mudah serta dapat menjangkau segala lini tanpa batas jarak untuk terus mensyiarkan Islam yang ramah,” ujar Alamsyah pada Kegiatan Refleksi 1 tahun MUI Lampung Online yang mengangkat tema ‘Syiar Islam Washatiyah di Era Teknologi’, di Bandar Lampung, seperti dilansir nu.or.id, pada Jum’at (4/8).

Alamsyah mengatakan, bahwa saat ini paham radikal semakin gencar di media online. Oleh karenanya, Islam moderat harus mengimbanginya dengan konten-konten yang menyejukan. “Tidak bisa tidak, media Islam moderat harus mewarnai Indonesia. Washatiyyah (moderat) harus menjadi watak Islam di Indonesia,” ucapnya.

Ia menilai, sudah saatnya Islam moderat yang selama ini menjadi silent majority di Indonesia harus bangkit memberikan warna di dunia maya agar para generasi bangsa dapat diselamatkan dari konten-konten radikal.

Alamsyah juga mengajak kalangan santri untuk mulai aktif menulis di berbagai media,  termasuk media online. “Budaya menghafal masih mendominasi sistem sekarang ini. Para santri masih dominan menghafal kitab-kitab klasik. Saatnya perlu diberikan skill baru untuk menulis ide dan dituangkan di berbagai media,” katanya.

Walapun demikian, ia juga mengingatkan agar lebih hati-hati dalam mengakses informasi dan menyebarkan berita. “Bukan hanya tabayun saja. Diperlukan juga takhayyur (memilah dan memilih) terhadap berita yang diterima agar dapat mendatangkan kemaslahatan serta tidak membawa kemudharatan,” ungkap Alamsyah (Ar/NU Online).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL