Sumber: irwan-prayitno.com

Padang, LiputanIslam.com– Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Prof Irwan Prayitno menyatakan bahwa zakat merupakan salah satu solusi dalam upaya mengentaskan kemiskinan. Oleh karena itu, pemerintah daerah bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berupaya keras membantu ekonomi masyarakat, salah satunya melalui dana zakat. Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Irwan di Padang, Sumatera Barat, pada Rabu (20/12).

“Bila dimanfaatkan dengan bijak dan optimal (dana zakat), perekonomian mereka akan meningkat. Bisa berubah dari penerima zakat, menjadi pemberi zakat,” ucapnya.

Irwan menjelaskan, di Sumbar dana zakat yang dihimpun Baznas mampu membantu modal bagi ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan besaran Rp 2 juta – Rp 3 juta per unit usaha. Bahkan pada Desember 2017 ini saja, Baznas Sumbar menyalurkan zakat untuk mahasiswa dan UMKM sebesar Rp 886,25 juta. Dana tersebut disalurkan kepada 292 mahasiswa perguruan tinggi dan 180 pelaku UMKM di Sumbar.

Sementara Ketua Baznas Sumbar, Syamsul Bahri Khatib menjelaskan bahwa mayoritas penerima zakat adalah mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang dan Universitas Negeri Padang (UNP). Sedangkan untuk realisasi penerimaan zakat di Sumbar hingga pekan kedua Desember 2017 mencapai Rp 11 miliar.

“Melalui penyaluran zakat dalam program Sumbar Cerdas ini, nominal zakat diterima antara Rp 1,5 juta hingga Rp 2,5 juta untuk setiap mustahik atau penerima zakat,” ungkapnya. (Ar/Republika).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*