Okezone

Okezone

Solo, LiputanIslam.com – Siapa yang sangka sebuah sedotan mampu menjernihkan air. Tidak hanya itu, ia juga mampu memurnikan kadar alkohol dalam ciu menjadi nol persen. Sedotan ajaib itu merupakan buah karya Pranoto, seorang dosen dari Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo.

Inovasi tersebut merupakan karya Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS), Pranoto. Sedotan ajaib buatannya merupakan alat penjernih air yang memurnikan air dari beragam logam berat dan bakteri ecolli yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Uniknya, alat penjernih air temuannya tersebut berukuran mini sehingga sangat praktis bisa dibawa kemana-mana. Inovasi yang dinamai Prans Water Filter ini menggunakan “lempung ajaib” alofan. Air yang dijernihkan alat tersebut pun dapat langsung dikonsumsi, seperti dilansir dari okezone.com.

“Alat penjernih mini ini tidak hanya bisa dipakai masyarakat, tetapi juga prajurit TNI yang tengah latihan di hutan karea praktis dan tidak mengganggu jika dibawa,” papar Pranoto di kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Kamis (2/4/2015).

Menurut Pranoto, bahan alami berupa lempung vulkanik (absorben) yang dipakainya berasal dari gunung yang sudah tidak aktif lagi. Tanah lempung vulkanik kualitas terbaik diambil dari gunung dengan ketinggian 1.000 hingga 3.000 meter di atas permukaan laut seperti Gunung Galunggung, Papandayan, Slamet, Lawu, Sindoro, dan Wilis.

Lempung tersebut berfungsi sebagai penyerap berbagai logam berat, pencemar organik maupun anorganik bahkan bakteri ecolli. Pranoto mengklaim, air yang disaring menggunakan alat buatannya memenuhi standar kesehatan sesuai aturan baku mutu air minum.

“Alat ini bekerja dengan memecahkan elektrolit pencemar. Sesudah pecah akan diserap oleh absorben tadi (lempung vulkanik) dan terakhir akan menghilangkan bau agar memenuhi standar baku air layak minum,” tuturnya.

Di pasaran, sedotan ajaib buatan Pranoto dijual dengan harga sekira Rp150 ribu. Selain sebagai penjernih air, sedotan ajaib tersebut juga mampu mengubah kandungan alkohol dalam ciu atau minuman keras lain menjadi nol persen. Hebat! (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL