Foto: http://id.wikipedia.org/

Foto: http://id.wikipedia.org/

Bandung, LiputanIslam.com-Stadion Gelora Bandung Lautan Api semula merupakan Stadion Gedebage yang kebetulan terletak di dareah Gedebaga, Bandung, Jawa Barat. Namun setelah keluar peraturan pemerintah, kemudian stadion Gedebage diubah namanya menjadi Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Nama tersebut diambil berdasarkan hasil polling masyarakat Bandung yang telah disahkan dalam rapat paripurna DPRD Kota Bandung.

Fasilitas Stadion Gelora Bandung Lautan Api ini termasuk memiliki fasilitas dengan standar Internasional. Rumput yang menghampar dilapangan merupakan rumput kelas satu dengan standarisasi FIFA. Rumput Zoysia Matrella seperti di kutip dari Wikipedia.org merupakan rumput yang juga dikenal dengan nama Manila Grass, yang memiliki keunggulan bisa tumbuh di tanah yang berpasir dimana rumput lainnya tidak bisa tumbuh dengan mudah. Selain digunakan sebagai rumput lapangan bola, juga digunakan sebagai rumput pada lapangan golf yang juga berfungsi untuk mencegah erosi.

Stadion Gelora Bandung Lautan Api sudah dilengkapi dengan ruang khusus VVIP untuk kepala negara dengan pelindung kaca anti peluru, bahkan stadion Bandung Lautan Api sudah memiliki landasa helikopter sendiri sehingga dapat digunakan oleh tamu penting lainnya.

Dengan luas ruang 72.000 meter persegi, stadion Bandung Lautan Api didukung pula dengan berbagai fasilitas olahraga lainnya. Sehingga jika ditotal dengan fasilitas pendukung lainnya maka luas keseluruhan bisa mencapi 40 hektare.  Dengan toilet sejumlah 766 buah, stadion Bandung Lautan Api bisa menampung 38.000 penonton sesuai dengan standar FIFA yang dilengkapi dengan kursi penonton tahan api.

Selain dapat digunakan sebagai even-even olahraga kelas internasional, rencananya Stadion Gelora Bandung Lautan Api akan digunakan sebagai penunjang pada pelaksanaan pembukaan PON 2016 yang akan berlangsung di Jawa Barat. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL