Illustrasi/positivewriter.com

Illustrasi/positivewriter.com

LiputanIslam.com – Ada beberapa keajaiban yang menjadikan beberapa penulis blog atau blogger menjadi sangat populer. Dan kamu bisa menjadi salah satu diantaranya karena keajaiban itu ada dalam dirimu juga. Hanya persoalannya bagaimana menemukannya, memanfaatkannya dan menggunakan keajaiban tersebut.

Inilah beberapa keajaiban tersebut, seperti diadaptasi dari positivewriter.com.

Tujuan

Popularitas bukanlah tujuan yang sesungguhnya. Dan kamu rasanya tahu hal itu.

Namun, semuanya dapat diukur dan dalam dunia tulis menulis sebuah indikasi yang cukup jelas bahwa kamu memiliki keajaiban adalah dari jumlah pembaca yang semakin berkembang.

Jika pembaca blog kamu tidak berkembang dan kamu merasa tidak percaya diri dengan konten yang kamu berikan cukup bermanfaat, maka pertimbangkan pendapatmu.

Kadang-kadang kita memerlukan bantuan dalam menemukan, mengasah dan menggunakan pendapat kita. Hal tersebut sangatlah wajar.

Temukan seorang Guru

Beberapa penyanyi professional, mereka yang suaranya sering terdengar di radio, memiliki suara yang natural, namun tentunya mereka memiliki guru, pelatih, pembimbing.

Sama halnya yang ada dalam dunia tulis menulis. Jika kita merasa memiliki bakat dalam menulis dan ingin mengasahnya maka kita harus mencari seseorang yang mampu mengasah dan mengembangkan bakat kita. Hal tersebut salah satunya bisa dengan cara banyak membaca buku-buku terkenal yang banyak disukai oleh para pembaca.

Mengembangkan Diri

Jika kamu tidak siap untuk mengikuti training atau pelatihan, maka latihan terbaik adalah dengan menulis setiap hari.

Cobalah untuk menulis sealamiah mungkin. Draft pertama akan begitu penting, karena pada dasarnya kita akan berpikir keras untuk memberikan yang terbaik pada tulisan pertama kita. Tulislah apa yang paling sederhana.

Meskipun kamu harus menulis lima sampai dengan sepuluh draft, pahami bahwa kamu tidak sedang melakukan editing pada sudut pandang pembaca sehingga mereka tidak akan kembali pada blogmu.

Ketika konten yang kamu tuliskan mengalami kemiripan dengan beberapa blog yang lain, yang membuat keajaiban adalah pendapat penulisnya itu sendiri yang menjadikan blognya berbeda dengan yang lain.

You. Are. Magcal.

Inilah beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan:

  • Membangun jumlah pembaca memerlukan cukup banyak waktu, biasanya lebih lama dari yang kamu harapkan. Jangan menyerah.
  • Jika kamu gagal hal tersebut adalah hal biasa. Yang terpenting adalah kamu kembali mencobanya lagi. Ulangi terus untuk menulis.
  • Akan lebih baik jika kamu melakukan posting seminggu sekali atau dua minggu sekali dengan tulisan yang berkualitas daripada harus menulis setiap hari.
  • Bercengkramalah dengan membalas setiap komen pembaca, hal tersebut yang membuat jumlah pembacamu akan semakin meningkat.
  • Tulislah kisah kegagalanmu karena kamu adalah manusia biasa.
  • Tulislah kisah kesuksesanmu untuk alasan yang sama.
  • Teruslah berpikir positif dan konstruktif, meskipun ketika menceritakan kegagalanmu.
  • Jangan menanggapi haters. Terbukalah pada setiap kritik dan teruslah hargai dukungan dari orang-orang yang selalu memberikan motivasi kepadamu.
  • Tulislah dengan rasa percaya diri meskipun kamu belum merasa PD.
  • Bersenang-senanglah dan jangan merasa malu untuk menambahkan beberapa humor. Pembaca pun memiliki selera humor.
  • Banggalah pada kemampuan diri.

Jadi, kira-kira kenapa beberapa blogger bisa populer sementara yang lainnya tidak? (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL