Jakarta, LiputanIslam.com—Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud bertemu dengan sejumlah tokoh agama Islam di Indonesia dengan  dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo  di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (02/03/17) kemarin.

“Yang Mulia Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud, sekali lagi saya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Yang Mulia di Istana Merdeka, Jakarta,” ujar Presiden Jokowi saat membuka acara.

“Selamat datang juga kami sampaikan kepada yang terhormat Yang Mulia para alim ulama serta tokoh Muslim di Indonesia,” kata Jokowi.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, silaturahim diisi dengan penyampaian pernyataan dari tiga tokoh agama Islam di Tanah Air, yakni Ketua MUI Ma’ruf Amin, salah seorang Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas, dan Ketua MUI Jawa Tengah Habib Luthfi bin Yahya.

“Intinya, para tokoh agama Islam di Indonesia menyampaikan perasaan syukur atas datangnya Raja Salman,” ujar Lukman seusai pertemuan.

Para tokoh Islam itu juga berterima kasih atas perhatian Arab Saudi yang besar kepada Indonesia. Para tokoh Islam berharap Indonesia-Arab Saudi benar-benar memasuki babak baru hubungan yang lebih kuat lagi.

Secara khusus, para tokoh menyampaikan harapan kepada Raja Salman soal kualitas pelayanan haji setiap tahunnya.

“Persoalan haji diharapkan bisa ditingkatkan kualitasnya dan mudah-mudahan Indonesia masih tetap mendapatkan tambahan kuota mengingat animo masyarakat Indonesia ibadah haji cukup besar,” ujar Lukman.

Sayangnya, tidak ada dialog dalam pertemuan itu. Lukman mengatakan bahwa hal itu disebabkan kondisi kesehatan Raja Salman yang mesti dijaga.

“Memang beliau tidak muda lagi dan dari sisi waktu beliau juga perlu istirahat,” ujar Lukman.

Namun, Raja Salman menyampaikan bahwa dirinya sangat senang bertemu dengan tokoh-tokoh agama Islam di Tanah Air. Raja Salman berjanji mendengarkan sekaligus memperhatikan saran dan pesan mereka. (ra/kompas)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL