detikcom

detikcom

Jakarta, LiputanIslam.com – Muhtaza Aziziya Syafiq dan Anjani Rahma Putri, dua siswi SMA Negeri 2 Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menyabet penghargaan di ajang Intel ISEF (International Science and Engineering Fair) di Los Angeles, AS. Mereka menciptakan kulkas tanpa listrik yang ramah lingkungan. Mereka mendapatkan grant $10000 dari USAID untuk projectnya: Green Refrigerant Box (kulkas tanpa listrik).

Atas prestasinya tersebut, Mendikbud sebelumnya M.Nuh menjanjikan keduanya akan mendapatkan beasiswa hingga S3. Atas janji tersebut kemudian keduanya menkonfirmasi kepada Mendikbud yang baru Anies Baswedan, seperti dilansir dari detik.com.

Muhtaza Aziziya Syafiq dan Anjani Rahma Putri pun akhirnya diterima secara langsung oleh Mendikbud Anies Baswedan. Keduanya merasa lega karena mendapat jaminan pendidikan dari pemerintah hingga S3 dimanapun mereka menuntun ilmu. Semua biaya pendidikan, transportasi hingga uang saku di negara yang dituju akan dijamin dan terus didukung oleh Anies Baswedan.

Dalam pertemuan tersebut, Anies Baswedan memberikan beberapa wejangan. Selain meminta kedua siswa itu mematenkan penemuannya juga memberi pesan yang jauh lebih penting yakni “Sekolah terus tapi tetap pulang, mengabdi untuk Indonesia,” seperti dituturkan oleh Anjani Rahma Putri.

Staff Khsusus Mendikbud, M Chozin Amarullah mengungkapkan bahwa dua siswa berprestasi tersebut akan dicover biaya pendidikan dan kehidupannya selama menimba ilmu di negeri yang diinginkan yang disesuaikan dengan biaya hidup dan biaya pendidikan di negara yang dituju. Saat ini kedua siswa tersebut tengah mengikuti proses seleksi di Massachuseth Institut of Tecnologi (MIT) di Boston, Amerika Serikat.

Chozin juga menyampaikan kembali apa yang disampaikan oleh Menteri Anis kepada dua siswa tersebut. Anies berharap keduanya bisa kembali ke Indonesia dan mengenali masalah yang ada di Indonesia. Harapannya mereka bisa mencarikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi Indonesia dengan latar belakang keilmuannya. Salah satunya seperti kulkas tanpa listrik yang mereka ciptakan dimana di tempat mereka tinggal belum ada listrik. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL