Jeffry Wicaksana/Detikcom

Jeffry Wicaksana/Detikcom

Jakarta, LiputanIslam.com – Tak ada yang berpikir bahwa sebilah bambu bisa menjadi bahan pembuat helm berstandar SNI. Namun, ditangan Jeffry Wicaksana, remaja asal Jakarta yang baru berusia 17 tahun tersebut mampu mewujudkannya. Ia mampu mengubah sebilah bambu menjadi sebuah helm dengan standar SNI.

Jeffry yang masih duduk di bangku kelas 12 SMA Santa Laurensia, Jakarta ini menciptakan produk helm berstandar nasional dari sebilah bambu ketika mengikuti lomba karya ilmiah di LIPI. Hasilnya, ia berhasil membawa pulang predikat juara di bidang Ilmu Pengetahuan Teknik.

Awalnya ia berpikir helm yang sudah beredar pada umumnya berbahan plastik yang tidak ramah lingkungan. Berdasarkan hal tersebut, Jeffry tercetus ide untuk mengembangkan helm dengan material bambu seperti dilansir dari detik.com (14/5/2014).

Idenya tersebut ternyata berhasil mengalahkan kontestan lain. Ia berhak atas medali emas di Kompetisi Olimpiade Proyek Ilmiah Tingkat Internasional Bidang Fisika Lingkungan tahun 2013. Sudah jelas bahwa bambu memiliki keunggulan karena lebih ramah lingkungan.

“Saya coba bikin material bambu komposit untuk helm sepeda motor tapi untuk luarnya saja, di dalamnya tetap pakai stereofom. Kami pakai carbon fiber agar sepeda motornya lebih kuat, jadi kalau ada benturan lebih aman. Lebih ramah lingkungan karena bisa tergradasi dengan cepat dibanding plastik juga,” jelas Jeffry yang membuat inovasi itu bersama satu orang teman lainnya.

Atas karyanya tersebut Jeffry akhirnya direkomendasikan oleh Kemendikbud untuk mengikuti program Outstanding Students For The World. Program tahunan itu memfasilitasi sejumlah siswa dan mahasiswa yang dianggap berprestasi untuk unjuk kebolehan ke luar negeri. Tahun 2014, pelajar yang terkemuka itu berkunjung ke Kanada selama seminggu, 18-25 Mei silam.

Ia berharap produk helm bambunya itu dapat diproduksi secara massal. Ia mengklaim bahwa produknya tersebut bisa bersaing secara kompetitif dengan helm plastik. Terlebih lagi helm bambunya sudah berstandar SNI. Ia pun mengungkapkan bahwa helm bambunya lebih aman dibandingkan dengan bahan plastik jika terjadi benturan. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL