foto: detik.com

foto: detik.com

Jakarta, LiputanIslam.com – Indonesia termasuk kedalam 35 negara dengan kekuatan militer terbesar diseluruh dunia (Baca: Kekuatan Militer Indonesia Satu Peringkat Diatas Australia). Pada tahun 2014, Indonesia berada pada peringkat 19. Kini masing-masing negara berlomba-lomba untuk meningkatkan koleksi alutsista mereka, tak terkecuali Indonesia. Seperti salah satu koleksi TNI Angkatan Darat yang baru dimiliki yang bisa menghancurkan sasaran setara dengan komplek Monas atau gelora Bung Karno dalam sekejap saja.

Peluncur roket tersebut adalah Multiple Launcher Rocket System (MLRS) milik Pusdik Armed (Pusat Pendidikan Altileri Medan) TNI AD yang kekuatan penghancurnya sangat mematikan. Mobil peluncur roket tersebut tengah dipamerkan di Monumen Nasional, Jakarta Pusat dalam rangka pameran Alutsista peringatan Hari Juang Kartika TNI AD.

Altileri tersebut adalah buatan Avibras Aerospacial Brasil dan memiliki kecepatan tembak hanya dalam waktu 16 detik saat melemparkan amunisi roketnya seperti dilansir dari detik.com.

MLRS ini memiliki panjang sekitar 9,9 meter dengan tinggi 3,2 meter dan lebar kendaraan 2,8 meter. MLRS ini mampu mengangkut awak 4 orang prajurit dalam satu kali operasi. Dengan berat 24 ton, artileri ini tidak bisa dianggap sebelah mata. Dalam satu kali tembakan jika ditembakkan dari Jakarta, roketnya bisa meluncur hingga mencapai kota Bogor atau sekitar 85 km.

Serka Rusmiyanto, salah seorang prajurit yang menjaga MLRS di stand pameran mengatakan bahwa TNI AD saat ini tengah dalam proses pemesanan MLRS dengan daya jangkau yang lebih jauh lagi yakni sekitar 300 km. Astros ini biasanya mangkal di Pusdik Armed di Cimahi, Bandung yang digunakan untuk pelatihan prajurit.

Kendaraaan MLRS berjenis Tatra (6×6) bisa digunakan dalam segala medan. Sementara saat di aspal bisa dipacu hingga 100km/jam dan untuk jalanan rusak atau medan berat bisa mencapai setengahnya. Daya jelajah kendaraan militer ini adalah 600 km. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL