bus listrik Indonesia/detik.com

bus listrik Indonesia/detik.com

Depok, LiputanIslam.com – Anak bangsa kembali unjuk gigi dengan merilis bus listrik buatan Depok, Jawa Barat. Bus Listrik dengan kapasitas 60 orang tersebut sekilas tampak dari luar layaknya bus biasa. Namun, tidak ada yang menyangka jika penggerak utamanya dihasilkan dari daya listrik baterai lithium yang memenuhi bagasi bus listrik tersebut.

Bus listrik tersebut adalah buah karya Dasep Ahmadi. Dasep mengatakan bahwa bus tersebut bisa di produksi sebanyak 500 unit per tahun seperti dilansir dari detik.com.

Dasep yang juga merupakan bos PT Sarmas Ahmadi Pratama meyakinkan wartawan mulai tahun depan, perusahaannya mampu memproduksi 100-500 unit per tahun. Menurut perhitungannya, angka 500 merupakan angka yang masih terbilang sedikit.

Meskipun bus listrik tersebut merupakan karya anak bangsa, namun beberapa partnya masih didatangkan dari luar negeri. Sebut saja Baterai yang didatangkan dari Tiongkok. Control system yang didatangkan dari Finlandia serta Motor Listrik sebagai penggerak utama bus listrik merupakan produk Amerika. Dan karoseri bus listrik ini sengaja didatangkan dari Jepang karena khusus diperuntukkan bagi bus listrik.

Manager R&D PT Sinarmas Ahmadi Pratama, Abdul Rahman Riza menambahkan perusahaannya mampu memproduksi paling sedikit dalam kisaran 500 unit. Jika di rata-rata, per harinya bidsa memproduksi 2 unit bus listrik. Dirinya meyakinkan dalam manual assembly bus listrik bahkan bisa mencapi 50 unit perhari yang merupakan rata-rata beban normal.

Bus dengan panjang 12 meter tersebut memanfaatkan bagasi untuk menyimpan 132 sell baterai lithium. Sama halnya dengan bus konvensional, bus listrik ini juga dilengkapi dengan mesin pendingin udara. Jadi ketika penumpang naik untuk pertama kalinya tidak akan merasakan perbedaan antara bus listrik dan bus konvensional. Namun suara mesin jelas lebih senyap dan membuat penumpang lebih nyaman didalam kabin. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL