Jakarta, LiputanIslam.com — Pizza, spaghetti, dan makanan khas negara-negara Eropa semakin hari semakin digemari oleh generasi muda Indonesia. Di akhir pekan, beberapa outlet yang menyajikan makanan jenis ini selalu dipadati pengunjung, kendati harus merogoh kocek dalam-dalam. Namun tahukah Anda, bahwa para wisatawan mancanegara justru sangat menyukai makanan khas Indonesia.

Media internasional CNN, dalam artikel yang berjudul ‘40 of Indonesia’s best dishes’, 15 Agustus 2011, merilis berbagai makanan khas Tanah Air yang disebut sebagai makanan terbaik. Apa saja?

1. Sambal

“Lebih dari bumbu, dengan bahan dasar cabai. Hidangan tidak terasa lengkap kecuali ada sambal. Kombinasi dari cabai, terasi, gula, garam, jeruk nipis yang dihaluskan. Di berbagai restoran, sambal sangat disukai, dan merupakan salah satu daya tarik,” puji CNN.

2. Sate

“Daging yang ditusuk dan dibakar diatas bara api, rasanya begitu lezat, entah itu yang dibuat dari daging ayam, kambing, atau kelinci. Sate ‘bermandikan’ saus kacang dan biasanya disajikan dengan ketupat, mentimun yang dipotong dadu, dan irisan bawang,” papar CNN.

3. Bakso

“Makanan ini sangat disukai oleh mahasiswa. Kuah bakso rasanya begitu gurih, dan mulai tenar di dunia internasional ketika Presiden AS Barack Obama mengenangnya sebagai salah satu makanan favorit saat ia berkunjung ke Indonesia.”

“Bakso berbentuk bulat, seukuran bola golf, atau kadang lebih besar, yang terbuat dari daging ayam atau sapi. Bakso bisa banyak dijumpai di kaki lima,” jelas CNN.

4. Soto

“Soto adalah makanan berkuah tradisional Indonesia, yang terdiri dari kaldu dengan rasa yang berbeda-beda di seluruh Nusantara. Umumnya, soto menggunakan daging ayam, kambing atau sapi. Di Betawi, soto terasa manis, lembut dan bersantan. Anda bisa menambakan dengan bawang goreng yang gurih, dan sambal sesuai dengan selera.”

5. Nasi goreng

“Nasi goreng dianggap sebagai hidangan nasional Indonesia. Dibuat dengan campuran nasi, kecap kental, acar dan wortel.”

6. Gado-gado

“Secara harfiah, gado-gado ini berarti “mix-mix,” istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan banyaknya unsur yang bercampur menjadi satu. Makanan ini, merupakan salah satu makanan Indonesia yang paling terkenal, yang bahan dasarnya adalah sayur-sayuran yang ‘bermandikan’ saus kacang.”

“Kacang panjang, bayam, kentang, jagung, telur, tauge, mentimun, tahu, tempe, bercampur menjadi satu.” (ba)

—-

Next…

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL