LiputanIslam.com — Pizza, spaghetti, dan makanan khas negara-negara Eropa semakin hari semakin digemari oleh generasi muda Indonesia. Di akhir pekan, beberapa outlet yang menyajikan makanan jenis ini selalu dipadati pengunjung, kendati harus merogoh kocek dalam-dalam. Namun tahukah Anda, bahwa para wisatawan mancanegara justru sangat menyukai makanan khas Indonesia.

Media internasional CNN, dalam artikel yang berjudul ‘40 of Indonesia’s best dishes’, 15 Agustus 2011, merilis berbagai makanan khas Tanah Air yang disebut sebagai makanan terbaik. Apa saja?

19. Bakpao

“Kemacetan di Jakarta menjadi berkat bagi penjual bakpao. Mereka sering menjajakan roti ini kepada orang-orang yang berada di jalanan. Di dalam roti, isinya bervariasi. Misalnya cokelat, kacang jikau, ataupun daging. Tidak perlu mencari mereka, karena mereka yang akan mendatangi Anda.”

20. Asinan sayur

“Acar ini adalah kebalikan dari rasa manis-manis yang dijumpai pada masakan Jawa. Sayuran ini terbuat dari daun sawi, wortel, kubis dan mentimun, disajikan dengan kerupuk.

21. Cah kangkung

“Anda akan memakan rumput sungai, dan pasti menyukainya. Kangkung biasa tumbuh disungai-sungai, dan dimasak dengan bumbu terasi. Disajikan dengan bawang goreng dan kedelai.”

22. Pepes ikan

“Pepes adalah makanan yang dibungkus dengan daun pisang, dimasak di atas bara api. Kaya rempah-rampah. Ikan yang sering dipakai pepes adalah tuna.”

23. Pempek

“Konon, nama pempek ini mengacu kepada seorang pria tua dari etnis China yang kali pertama membuat penganan ini dengan menggunakan campuran ikan dan tepung tapioka di Sumatera Selatan.”

“Kini di Palembang, pempek hadir dengan berbagai macam rasa, bentuk dan ukuran. Yang paling terkenal adalah pempek kapal selam, yang di dalamnya berisi telur ayam. Pempek disajikan dengan kuah yang terbuat dari cuka, cabai dan gula.”

24. Perkedel

“Tampilan perkedel mungkin terlihat sederhana, tapi Anda tidak akan bisa memungkiri kenikmatan aromanya. Perkedel dibuat dari kentang ataupun jagung, yang ditumbuk kasar lalu digoreng dengan telur.”

25. Martabak

“Makanan ini serupa krep tebal yang lembut. Dengan berbagai variasi rasa, seperti cokelat, kacang, keju. Ada juga martabak daging, yang disajikan dengan acar mentimun, dan  cuka asam manis.”

26. Sayur asem

“Sayuran ini terasa segar, perpaduan rasa asam Jawa dengan berbagai sayuran seperti daun melinjo, labu siam, jagung manis, kacang panjang. Makanan khas Jawa Barat ini sangat enak.”

27. Sop buntut

“Direvitalisasi oleh koki di Hotel Borobodur pada tahun 1973, sop buntut digemari oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Sop ini menggunakan daging sapi, yang  disajikan dengan nasi, acar dan sambal.”

28. Ketoprak

Jangan bingung. Ketoprak yang dimaksud disini bukanlah nama sebuah drama teatrikal. Ketoprak adalah makanan yang terbuat dari bihun, tahu, ketupat dan tauge. Mirip seperti gado-gado. Ketoprak  mengandung karbohidrat yang tinggi. (ba)

—-

Previous… || Next…

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL