Pizza, spaghetti, dan makanan khas negara-negara Eropa semakin hari semakin digemari oleh generasi muda Indonesia. Di akhir pekan, beberapa outlet yang menyajikan makanan jenis ini selalu dipadati pengunjung, kendati harus merogoh kocek dalam-dalam. Namun tahukah Anda, bahwa para wisatawan mancanegara justru sangat menyukai makanan khas Indonesia.

Media internasional CNN, dalam artikel yang berjudul ‘40 of Indonesia’s best dishes’, 15 Agustus 2011, merilis berbagai makanan khas Tanah Air yang disebut sebagai makanan terbaik. Apa saja?

7. Nasi uduk

“Nasi uduk adalah beras yang dimasak dengan santan. Disajikan dengan daging, sayuran, telur, tempe, ikan asin, emping. Hargnya murah dan sangat populer,” tulis CNN.

8. Nasi padang

“Singapura mungkin mengatakan mereka tidak bisa hidup tanpa nasi Padang, tapi nasi Padang, dinamai berdasarkan kota asalnya di Sumatera, dipastikan makanan ini 100 persen berasal dari Indonesia.”

“Kita akan memilih lauk-pauk yang disediakan di atas lebih dari selusin piring, yang diletakkan di atas meja makan kita,” papar CNN.

9. Ayam goreng

“Ayam goreng biasaya menggunakan ayam yang ukurannya kecil, kadang ayam kampung yang dipelihara di halaman, dan jauh lebih enak dari pada KFC,” puji CNN.

10. Bakmie goreng

“Bakmie merupakan alternatif pilihan karbohodrat di Indonesia, disamping kwetiau ataupun bihun. Bakmie adalah yang terenak, dimasak dengan campuran telur, daging dan sayuran.”

11. Gudeg

“Gudeg adalah makanan khas asli Yogyakarta. Nangka yang direbus selama berjam-jam dengan santan dan gula aren hingga lembut. Gudeng disajikan bersama nasi, telur dan lauk pauk lainnya.”

12. Rawon

“Rawon adalah makanan yang berupa daging sapi berkuah asal Jawa Timur, yang berwarna hitam pekat. Rawon menggunakan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, cabai, rasanya enak dan pedas.”

13. Pecel lele

“Melihat lele goreng untuk pertama kalinya, mungkin Anda akan terkejut karena bentuknya mirip dengan lele yang masih hidup. Disajikan dengan nasi, sambal merah dan hijau, makanan ini adalah alternatif untuk mengisi perut kosong, dan makanan ini sangat digemari di Jakarta.”

14. Opor ayam

“Opor adalah makanan yang sering disajikan pada bulan Ramadhan, namun sekarang banyak warung yang menjual opor setiap hari. Ayam yang dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu asli Indonesa seperti bawang putih, jahe, jinten dan ketumbar.”

15. Mie ayam

“Mau mencari mie dengan rasa yang sempurna? Selamat, Anda telah menemukannya. Mie direbus, lalu dicampur dengan potongan daging ayam yang lezat. Disajikan dengan saus dan kecap.”

17. Gulai

“Gulai adalah nama umum untuk hidangan kari, aslinya berasal dari daerah Sumatera. Gulai Indonesia memiliki variasi yang tergantung pada jenis daging dan ikan yang tersedia di masing- masing wilayah.”

18. Bubur ayam

“Bubur digemari oleh seluruh lapisan masyarakat, mulai dari para buruh hingga menteri pemerintah. Bubur gurih ini disajikan dengan kecap, bawang merah goreng, ayam suwir-suwir, kacang dan kerupuk.” (ba)

Previous… || Next…

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL