LiputanIslam.com — Pizza, spaghetti, dan makanan khas negara-negara Eropa semakin hari semakin digemari oleh generasi muda Indonesia. Di akhir pekan, beberapa outlet yang menyajikan makanan jenis ini selalu dipadati pengunjung, kendati harus merogoh kocek dalam-dalam. Namun tahukah Anda, bahwa para wisatawan mancanegara justru sangat menyukai makanan khas Indonesia.

Media internasional CNN, dalam artikel yang berjudul ‘40 of Indonesia’s best dishes’, 15 Agustus 2011, merilis berbagai makanan khas Tanah Air yang disebut sebagai makanan terbaik. Apa saja?

29. Balado terong

“Terong ungu digoreng, dan ditambahkan dengan sambal terasi pedas, rasanya sangat menggugah selera.”

30. Lontong sayur

“Lontong dibuat dengan merebus beras dengan daun pisang selama berjam-jam. Disajikan dengan sayur-sayuran bersantan yang gurih.

31. Rendang

“Rendang adalah makanan Padang yang sangat terkenal. Makanan ini biasanya dibuat untuk acara khusus, bukan untuk makanan sehari-hari karena membutuhkan waktu berjam-jam untuk memasakknya.”

“Rendang dibuat deri bumbu rempah yang lengkap, dan santan kental, dimasak hingga lembut. Disajikan dengan nasi dan sayuran. Biasanya disuguhkan untuk pesta-pesta atau perayaan tertentu.”

32. Tahu gejrot

“Tahu identik sebagai makanan kelas bawah karena harganya yang murah. Makanan ini sangat familiar, dan mudah didapat. Biasanya pedagang tahu gejrot berkeliling dengan gerobak. Dimakan dengan kecap manis dan cabai.”

33. Sop kambing

“Saat udara terasa dingin, maka sop kambing adalah pilihan yang tepat. Daging kambing direbus dengan beragam bumbu yang lezat, namun bagi Anda penderita darah tinggi, sebaiknya berhati-hati.”

34. Siomay

“Siomay ini, anggap saja dim sum tradisonal ala Indonesia. Kentang kukus, kol, telur, dan siomay dicampur menjadi satu, dengan saus kacang yang enak. Pedagang siomay biasanya berkeliling dengan menggunakan gerobak atau motor.”

35. Ikan bakar

“Ikan bakar dibuat dengan cara yang sangat sederhana. Indonesia yang merupakan negara maritim, tentu memiliki beraneka ikan. Dibanding cumi-cumi atau udang, ikan bakar jauh lebih nikmat. Tekstur dagingnya sangat bagus. Biasanya, ikan akan direndam terlebih dahulu di dalam bumbu rempah, baru dibakar. Disajikan dengan sambal.”

36. Daun pepaya

“Pepaya adalah salah satu tanaman yang paling cepat berkembang di Asia Tenggara, memiliki daun yang berukuran lebar dan pahit. Daun pepaya ditumis dengan berbagai bumbu, dan makanan ini sangat digemari, terutama di daerah Manado.”

37. Otak-otak

“Otak-otak adalah penganan ringan asal Pelembang yang memiliki tampilan menarik. Dibungkus dengan daun pisang sabelum dipanggang di atas arang. Disajikan dengan cabe merah yang dicampur dengan kecap.”

38. Bebek goreng

“Bebek goreng merupakan makanan yang juga sangat digemari. Tulangnya lebih kecil dibanding ayam. Disajikan dengan nasi dan sambal.”

39. Gorengan

“Secara harfiah gorengan berarti  makanan yang digoreng.  Gorengan adalah makanan ringan yang paling produktif di seluruh Indonesia. Di jalanan, penjual menawarkan berbagai jenis gorengan baik itu tempe goreng, singkong, tahu, pisang goreng, dan ubi jalar. Beli gorengan, Anda akan mendapatkan cabe hijau sebagai bonus.”

40. Mie Instan

Ada satu makanan yang, orang Indonesia tidak akan bisa hidup tanpanya, yaitu mie instan. Mie merupakan pilihan karena cara membuatnya begitu mudah, cocok untuk semua kalangan, terutama yang tidak punya cukup waktu untuk memasak. Mie instan juga menjadi bekal yang sangat praktis saat melakukan perjalanan, tinggal diseduh dengan air panas. Mie instan ini bisa ditemukan di mana saja, mulai dari warung kecil hingga supermarket.” (ba)

Previous…

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL