illustrasi/traductionquebec.com

illustrasi/traductionquebec.com

Jakarta, LiputanIslam.com – Kabar baik Indonesia terpilih menjadi tamu kehormatan dalam ajang sastra dan kebudayaan skala Internasional di Jerman dengan tajuk Frankfrut Book Fair yang akan dilangsungkan pada tanggal 14-18 Oktober 2015.

“Indonesia mendapatkan kesempatan terpilih sebagai tamu kehormatan dalam Frankfurt Book Fair, yang akan memamerkan karya sastra, musik dan kebudayaan, termasuk arsitektur dan seni patung,” ujar Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah dan Kebudayaan Anies Baswedan yang mendampingi kedatangan 17 wartawan Jerman menghadap Presiden Joko Widodo, Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Rabu, seperti dilansir dari ANTARA.

Anies menambahkan, Presiden Jokowi merespon positif terhadap kabar terpilihnya Indonesia sebagai tamu kehormatan dalam acara Internasional tersebut.

“Indonesia merupakan negara terbesar di Asia Tenggara, namun kebanyakan warga Jerman tidak mengetahui apapun mengenai Indonesia, bahkan tidak tahu kalau Bali itu berada di Indonesia,” ujar perwakilan delegasi dari Jerman Claudia Kaiser, dalam kesempatan yang sama.

Indonesia akan memamerkan seluruh karya sastra, seni dan budaya asli Indonesia dalam ajang Frankfrut Book Fair. Indonesia memang sudah sejak lama dikenal memiliki keragaman budaya dan sastra.

Seniman senior Slamet Rahardjo yang merupakan ketua komite Nasional Frankfrut Book Fair mengatakan kedatangan para Jurnalis asal Jerman ke Indonesia bertujuan untuk mengabarkan di negaranya tentang sastra dan kebudayaan di Indonesia.

“Kedatangan mereka kemari memberikan jawaban kongkrit atas indonesia yang telah menjadi inspirasi satra. Tanpa disadari, kita telah menjadi laboratorium alam tentang pluralisme,” ujar Slamet Rahadjo.

Slamet Rahardjo juga mengatakan bahwa kepentingan Indonesia dalam hal ini adalah untuk branding sebagai negeri sumber inspirasi untuk dunia luar. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL