Tsunami Aceh pada 26 Desember 2004/kompas.com

Tsunami Aceh pada 26 Desember 2004/kompas.com

Jakarta, LiputanIslam.com – Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UENESCO) menilai Indonesia sudah mengembangkan teknologi sistem peringatan dini tsunami dengan baik. Menurut Direktur UNESCO bidang Sains untuk Asia Pasifik, Hubert J Gijzen, berpendapat bahwa Indonesia sudah memiliki teknologi sistem peringatan dini tsunami yang terbaik di dunia.

Setelah membuka konferensi internasional dalam rangka peringatan 10 tahun tsunami di Jakarta, Hubert Gijzen mengungkapkan bahwa sejak tsunami 2004 yang melanda kawasan Samudera Hindia, Indonesia sudah mengembangkan sistem peringatan dini tsunami terbaik di dunia, seperti dilansir dari kompas.com.

Dampak kerusakan dan korban jiwa yang diakibatkan oleh tsunami pada tahun 2004 memang begitu besar. Agar tidak terjadi korban yang serupa atau lebih banyak lagi Hubert berharap agar informasi peringatan dini kepada masyarakat bisa tersampaikan dengan baik demi mencegah lebih banyak korban yang jatuh.

Dengan demikian, ketika gempa bumi terjadi sesaat kemudian peringatan dini bisa memberikan informasi agar masyarakat bisa menyelamatkan diri. Yang paling penting adalah, Gijzen mengingatkan, garis pantai Sumatera yang sangat dekat dengan pusat gempa 2004 sehingga peringatan dini tsunami sesegera mungkin direspons.

“Ini sangat penting, dan adanya kolaborasi internasional karena tidak bisa satu negara mengatasi tsunami sendirian,” ucapnya.

Bentuk kerjasama yang sudah dilakukan antara Indonesia dan Australia serta Indoa sudah ditetapkan sebagai Regional Tsunami Service Provider (RTSP) yang memberikan informasi potensi tsunami untuk wilayah Samudera Hindia sejak 2012.

Penetapan tersebut sebagai salah satu kepercayaan dunia atas keberhasilan Indonesia dalam menjaga, mengoperasikan, serta secara konsisten melakukan pemeliharaan dan perbaikan sistem peringatan dini tsunami.

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL