/joglosemar.co

illustrasi/joglosemar.co

Solo, LiputanIslam.com -Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir mengatakan pemerintah tengah mempersiapkan pembangunan sebanyak 100 “technopark” di Indonesia.

“Ya kami berharap nantinya kalau pembangunan technopark tersebut selesai untuk kabupaten/kota yang belum memiliki bisa mencontohnya,” kata Mohammad Nasir ketika meninjau Solo Technopark (STP), di Solo, Selasa, seperti dilansir dari AntaraNews.com.

Ia mengatakan untuk pengelolaan “technopark” nanti kan dilakukan bekerja sama dengan dunia pendidikan atau akademik yang ada di daerah masing-masing, karena tanpa bekerja sama ini akan sulit untuk bisa maju.

Dikatakan dia untuk membangun sebuah “technopark” yang lengkap diperlukan dana sebesar Rp 1 triliun dan terus nantinya untuk pengelolaannya bisa melalui BLUD.

Melalui cara ini diharapkan dari hasil “technopark” ini bisa dimanfaatkan oleh dunia usaha.

Ia mengatakan melalui lembaga ini diharapkan pula bisa mencetak usaha baru, yang pada gilirannya akan bisa mengurangi pengangguran.

Mohammad Nasir dalam kunjungan kerjanya di STP Solo yang didampingi oleh Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo juga menjanjikan akan memberikan bantuan sarana laboratorium dan sebagian gedung yang nilainya mencapai Rp25 miliar.

Technopark selain sebagai wahana rekreasi edukasi, juga dapat merupakan training center, pusat science, pusat penelitian dan pengembangan bekerjasama dengan CSR Lokal maupun pemerintah pusat, seperti dikutip dari technoparkindo.com.

Konten lokal yang ada di Technopark, diadopsi dari konten lokal yang ada, misal batik, perikanan, perkapalan, pengolahan logam dll. Technopark juga bisa merupakan Balai Latihan Kerja yang lebih spesifik dalam pengembangan Industri Lokal. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*