illustrasi tidur nyenyak/duniafitnes.com

illustrasi tidur nyenyak/duniafitnes.com

LiputanIslam.com – Gangguan tidur merupakan hal yang akan menurunkan kualitas hidup. Efek dari kurang tidur atau kurang istirahat akan menganggu kehidupan seseorang. Namun, umumnya di kota besar, cukup banyak orang yang mengalami gangguan tidur karena berbagai faktor.

Taruna Ikrar seorang ilmuan pakar ilmu saraf asal Indonesia yang kini aktif mengajar dan meneliti di University of California, Irvine, menemukan sebuah cara rahasia tidur nyenyak dan berkualitas.

Dalam publikasi di Journal Physiologi, Taruna menjabarkan bahwa kualitas tidur sangat dipengaruhi oleh keseimbangan hormon, terutama kadar melanin-concentrating hormone (MCH) seperti dilansir dari Kompas.com.

Taruna bersama timnya melakukan percobaan terhadap tikus yang sudah direkayasa secara genetik. Singkatnya dari hasil penelitian tersebut tikus yang telah diinduksi dengan hormon MCH memperlihatkan aktivitas yang lebih rendah, lebih mudah tertidur, dan memperlihatkan kondisi kurang aktif jika dibandingkan dengan tikus yang tidak diinduksi.

Kesimpulannya Taruna memberikan rekomendasi bahwa salah satu kunci menjaga keseimbangan hormon adalah menjaga makanan, berat badan, dan melakukan aktifitas olahraga secara rutin. Konsumsi air sangat memengaruhi keseimbangan MCH.

Manfaat lain dari hasil temuan tersebut adalah adanya cara baru untuk membantu orang yang mengalamai gangguan tidur.

“Manusia sehat yang mengalami gangguan tidur dapat diobati dengan memberikan obat secara khusus yang memengaruhi reseptor histamin di otak, khususnya reseptor histamin nomor 3 (H3R) sehingga gangguan tidur pada orang tersebut dapat diperbaiki, demikian juga bisa mencegah berbagai efek negatif dari kekurangan tidur,” tutup Taruna. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL