foto Antara

foto Antara

Jakarta, LiputanIslam.com – Satu hal yang berbeda dari Ujian Nasional tahun ini adalah kelulusan tidak lagi didasarkan pada hasil Ujian Nasional. Sebagai gantinya pemerintah menginginkan pelaksanaan Ujian Nasional dilakukan secara jujur. Sayangnya meskipun upaya persyaratan kululusan menggunakan Ujian Nasional sudah dihapuskan namun masih banyak kecurangan yang ditemukan di lapangan baik dilakukan secara individual maupun secara terstruktur.

Berdasarkan fenomena tersebut pemerintah kemudian mengukur indeks kejujuran pelaksanaan Ujian Nasional di seluruh Indonesia. Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Yogyakarta dipilih sebagai provinsi yang memiliki indeks integritas tertinggi diantara sekolah lainnya di seluruh Indonesia dalam pelaksanaan Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas dan Sederajat. Yogyakarta dinilai sebagai provinsi paling jujur dalam pelaksanaan Ujian Nasional.

Masih menurut Mendikbud, indikasi kecurangan UN SMA di Yogyakarta hanya berkisar satu persen saja. Sementara Provinsi lainnya memiliki indikasi presentase yang lebih besar diantaranya angka Belitung (4,5 persen), Kalimantan Utara (11,6 persen), Bengkulu (12 persen), Kepulauan Riau (14 persen), Gorontalo (20 persen), dan Nusa Tenggara Timur (20,4 persen), seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Rencananya Mendikbud juga akan memberikan pengumuman tentang Provinsi yang indeks integritasnya paling rendah kepada publik. Namun sebelum dibuka kepada Publik, Mendikbud akan menginformasikannya terlebih dahulu kepada Gubernurnya.

Mendikbud berharap tiap provinsi berlomba-lomba untuk meningkatkan integritas kejujurannya dalam pelaksanaan Ujian Nasional.

Kemendikbud memiliki pola dalam menilai integritas di setiap sekolah. Pola jawaban siswa akan diperiksan untuk mengukur indeks integritasnya. Misalnya apakah ada keseragaman pola jawaban di sekolah-sekolah sehingga bisa diukur tingkat kecurangan antar siswa. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL