08382711122014_133_1

Semarang, LiputanIslam.com – Kreatifitas anak-anak Sekolah Memengah Kejuruan (SMK) semakin hari semakin membanggakan, bahkan membuat kita tercengang. Benarkah ini karya anak SMK? Saatnya bangsa Indonesia tak ragu bahwa SMK kali ini berbeda. Anak SMK kini bisa mengubah potret buram masa lalu sejarah anak SMK yang lekat dengan tawuran. Kini kita bisa saksikan sendiri anak SMK berpacu dan berkreasi dalam melakukan inovasi-inovasi yang membuat decak kagum banyak orang.

Kabar yang membuat bangga itu datang dari prestasi dan ketenaran SMK Negeri 7 Semarang. Ya, satu-satunya sekolah yang ditempuh 4 tahun ini selalu menghadirkan inovasi menggemparkan. Kini, sekolah ini heboh. Beberapa siswa menciptakan printer 3D (Tiga Dimensi).

Jika SMK 5 Semarang menciptakan mesin pemotong umbi dengan empat mata pisau, lain lagi dengan SMK 7. Sekolah yang berlokasi di kawasan Simpanglima Semarang ini dulu terkenal dengan julukan STM Pembangunan. Tugas Akhir yang dibebankan sebagai syarat kelulusan, membuat siswa berani berkarya dan berekspresi.

Hebatnya, meski terbilang masih muda, siswa kelas 4 Teknik Permesinan SMK 7 berhasil merakit sebuah printer tiga dimensi. Yang menghebohkan, perakit printer tiga dimensi pertama berhasil dinobatkan pada SMK yang mayoritas siswanya laki–laki ini. Dengan bahan PLA (serat jagung), printer ini mampu mencetak bentuk 3D seperti peluit, huruf, kristal, dll.

Awalnya, desain yang ingin dicetak di desain pada software khusus oleh desainer. Kemudian panjang, tinggi, dan lebar cetakan disesuaikan keinginan. Setelah sudah, print desain yang sudah jadi. Maka, keluarlah hasil benda yang membuat mata yang melihat tercengang. Sama persis ukuran yang dicetak dengan yang ada di komputer, seperti dilansir dari detakjateng.com (19/2).

Yang lebih menakjubkan dari SMK ini adalah, printer tiga dimensi yang mereka buat adalah project Tugas Akhir. Sungguh sebuah kejutan yang luar biasa. Meski bukan yang pertama membuat, SMK 7 tetap menciptakan inovasi dengan membuat body printer dari acrylic. Diharapkan dengan bahan yang berbeda, akan membuat printer lebih awet dari serangga pengerat. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL