Tim Mahasiswa UGM/tribunnewscom

Tim Mahasiswa UGM/tribunnewscom

Yogyakarta, LiputanIslam.com – Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, kembali lagi mengharumkan nama bangsa di dunia internasional. Kali ini nama Indonesia berada di puncak setelah aplikasi yang dikembangkan oleh tim mahasiswa UGM berhasil meraih penghargaan di ajang internasional di Amerika Serikat.

Sebuah aplikasi yang dinamai “Realive” berhasil menggondol penghargaan “Best Public Safety App” dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh dua perusahaan teknologi raksasa di Amerika Serikat, AT&T dan IBM di Silicon Valley, Amerika Serikat.

Aplikasi Realive merupakan aplikasi penanganan kecelakaan secara real time yang dikembangkan oleh kerjasama lima mahasiswa program studi ilmu komputer dan Geofisika Fakultas MIPA UGM seperti dilansir dari kompas.com (18/12).

Hebatnya lagi aplikasi tersebut sudah dikembangkan oleh tim mahasiswa UGM pada paltform Android Wear dan Google Glass.

Para praktiknya nanti apps tersebut mampu memberikan informasi secara real time kepada beberapa aparat terkait misalnya seperti polisi, petugas pemadam kebakaran, petugas kesehatan/ambulance dan yang lainnya pada saat terjadi kecelakaan.

Yang menjadi menarik adalah apps tersebut dapat memberikan informasi kepada petugas yang berada dalam radius paling dekat dengan tempat kejadian perkara. Apps tersebut menggunakan perangkan wearable, tutur Daniel Oscar Baskoro yang juga bertindak sebagai Project Manager Realive.

Selama proses penanganan korban kecelakaan, petugas dapat mengakses informasi terkini mengenai kondisi kecelakaan saat itu. Aplikasi itu juga diklaim mampu menyajikan pertolongan terhadap 20 kategori kecelakaan termasuk bencana alam.

Bahrunnur yang juga programmer apps Realive mengaku sangat bangga karena apps yang mereka kembangkan berhasil mendapatkan juara langsung di jantung industri teknologi dunia di Silicon Valley, AS (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL