tempo.co

tempo.co

Bandung, LiputanIslam.com – Teknologi komunikasi 4G yang mampu mengirimkan data lebih cepat dari teknologi sebelumnya ternyata sudah bisa diwujudkan dan dihadirkan oleh putera bangsa. Teknologi tersebut berhasil diwujudkan dalam bentuk ponsel berteknologi 4G yang dikembangkan oleh para peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Produk yang telah dipakai oleh sebuah operator seluler di Jakarta tersebut merupakan proyek kerjasama antara para peneliti ITB dengan perusahaan lokal yang berbasis di Cina.

Adi Indrayanto, ketua tim pusat Mikroelektronika ITB mengatakan bahwa “Handphone itu mayoritas software, kita mampu membuatnya,” saat ditemui di Aula Barat ITB (20/11) seperti dilansir oleh tempo.co.

Adi yang juga merupakan pengajar di Teknik Elektro ITB itu mengatakan timnya sudah mengembangkan teknologi 4G sejak tahun 2007 di laboratorium kampus. Meskipun demikian riset tentang pembuatan telepon seluler sudah mereka mulai sejak tahun 1989 atau jika dikalkulasi sudah berlangsung selama 25 tahun. Adi mengakui memang banyak kegagalan, baru menginjak tahun ini bisa membangun sebuah perusahaan, tutur lulusan Teknik Elektro ITB 1988 tersebut.

Masih menurutnya bahwa saat ni tingkat komponen dalam negeri yang dipakai oleh perusahaan mereka baru 30 persen. Sayangnya mayoritas komponen produk berasal dari Cina karena sangat sulit mendapatkan komponen dari dalam negeri. Sedangkan lokasi perakitan ponsel dan pembuatannya berada di Batam. Lokasi tersebut dipilih bukan tanpa alasan, selain karena sudah beroperasi selama 22 tahun juga bisa terbebas dari pajak.

Memasuki tahun kedua, Adi berharap akan meningkatkan komponen lokal yang digunakan hingga 60 persen. Lambat laun ponsel dengan teknologi 3G akan beralih pada teknologi 4G. Sistem tersebut diperkirakan akam memakan waktu selama 10 tahun sebelum kemudian dilanjutkan pada teknologi selanjutnya 5G. Ia yakin bahwa pasar ponsel Indonesia cukup untuk membangun industri ponsel dalam negeri. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL