Sumber: umm.ac.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyatakan bahwa Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia sudah sejalan dengan Islam. Menurutnya, Indonesia merupakan wadah bagi segenap umat untuk menyemai nilai-nilai luhur ajaran agama. Bagi umat Islam, negara Pancasila seharusnya di isi dengan terus melakukan kerja menghasilkan karya nyata. Semua golongan tidak perlu lagi untuk mempertentangkan Pancasila sebagai dasar negara.

“Indonesia yang Negara Pancasila sejalan dengan Islam, serta umat Islam telah berkiprah menghasilkan pancasila, maka Indonesia dapat kita posisikan sebagai darussalam, sebagai negara yang damai dan tempat menyemai benih–benih Islam,” kata Haedar dalam pengajian bulanan PP Muhammadiyah dengan tema Islam dan Indonesia: Mencari Format dan Strategi Baru”, di Gedung Dakwah PP Muhammadiyah, Jakarta, seperti dilansir suaramuhammadiyah.id, pada Sabtu (5/8).

Ia menjelaskan, sesuai dengan hasil muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar, Muhammadiyah menegaskan kembali bahwa Negara Pancasila sebagai ‘Darul Ahdi wa Syahadah’. Indonesia diposisikan sebagai sebuah konsensus bersama semua komponen bangsa. Sebagai negara hasil kesepakatan, Indonesia juga perlu diisi dengan persaksian. Semua pihak yang telah bersepakat perlu untuk membuktikan pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

Membangun bangsa Indonesia menjadi negara yang maju, berdaulat, adil, dan makmur. Mewujudkan negara yang ‘baldatun thaiyyibatun warabbun ghafur.’ “Itu yang saya sebut bahwa relasi Islam dan Indonesia dalam pandangan Muhammadiyah sudah selesai,” ucapnya.

Haedar juga mengakui, bahwa dalam konteks dinamika perpolitikan kita sebagai bangsa memang mengalami pasang surut. Bahkan banyak umat Islam yang terlibat di dalamnya. Oleh karena itu, ia kembali mengingatkan bahwa antara keindonesiaan dan keislaman merupakan entitas yang tidak perlu dipertentangkan lagi. Keduanya perlu mendapat perhatian sesuai dengan proporsi yang seimbang dan tepat. (Ar/Suara Muhammadiyah).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL