Sumber: suaramuhammadiyah.id

Yogyakarta, LiputanIslam.com– Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PP Muhammadiyah), Haedar Nashir mengingatkan umat Islam dan khususnya warga Muhammadyah untuk wajib menjadi kekuatan pemersatu yang mengayomi, memodernisasi, dan menguatkan kebersamaan di tengah kemajemukan bangsa Indonesia. hal itu ia sampaikan saat membuka Milad Muhammadiyah ke-105 yang digelar di Pagelaran Keraton Yogyakarta, Jumat (17/11).

Menurut Haedar, warga Muhammadiyah harus menjadi perekat dalam membangun kebersamaan antar anak bangsa. Juga memberikan solusi dari berbagai permasalahan yang ada. “Ketika ada retak sesama anak bangsa harus menjadi golongan yang mendamaikan dan memberi solusi,” ujarnya.

Keluarga besar Muhammadiyah, lanjut dia, perlu terus belajar pada jiwa kenegarawanan para tokoh Muhammadiyah sejak Kiai Ahmad Dahlan hingga generasi sesudahnya dalam memupuk kebersamaan. “Jangan sampai kita bicara indah tentang ukhuwah kebangsaan, tetapi hasrat ‘ananiyah-hizbiyah’ jauh lebih besar ketimbang pengorbanan untuk hajat hidup bangsa secara keseluruhan karena yang dipikirkan hanya kepentingan golongan sendiri,” ucapnya.

Haedar menceritakan, ketika Ki Bagus Hadikusumo (tokoh Muhammadiyah) bersama tokoh Islam lainnya menyampaikan gagasan keislaman dan kebangsaan dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK), Ketua Pengurus Besar Muhammadiyah itu dengan tegas menyatakan bahwa dirinya adalah seorang bangsa Indonesia tulen dan sebagai Muslim yang mempunyai cita-cita Indonesia Raya dan Merdeka.

Sedangkan Bung Karno, juga bersikap sama di mana pada pidato 1 Juni 1945 tentang Pancasila menyebutkan bahwa di dalam dadanya yang nasionalis tersimpan jiwa Islam.

“Dengan spirit kebangsaan yang menyatu dengan keislaman yang mendalam sebagaimana dicontohkan dua tokoh bangsa itulah Muhammadiyah berkomitmen kuat tetap dan terus berkiprah merekat kebersamaan melalui berbagai kerya nyata berkeunggulan bukan dengan retorika dan keindahan kata-kata,” (Ar/Tempo).

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL