Sumber: Muhammadiyahlamongan.com

Yogyakarta, LiputanIslam.com– Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengimbau kepada seluruh warga Muhammadiyah untuk terus berjalan dan bergerak, dalam artian yang luas. Hal itu disampaikan Haedar saat melepas ribuan peserta Jalan Sehat Gebyar Muda yang digelar oleh SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman, Yogyakarta, pada Minggu (16/4).

Dalam sambutannya, Haedar Nashir menyambut baik kegiatan jalan sehat itu. Menurutnya, jalan sehat memiliki makna atau simbol tersendiri, yakni bahwa Muhammadiyah akan terus berjalan dan bergerak. “Bagi keluarga besar Muhammadiyah, jalan sehat ini menjadi simbol untuk terus berjalan dan berjalan. Bergerak tidak boleh diam,” ucapnya.

Bagi Haedar, jalan sehat dianggap bisa berpengaruh dalam membangun budaya masyarakat yang sehat dan dinamis. “Jalan sehat ini harus membangun budaya dinamis. Tidak boleh pasif. Jadilah insan yang selalu bergerak dan berjalan dinamis. Itulah Muhammadiyah. sehat jiwanya, sehat tubuhnya, dan sehat masyarakatnya,” ujarnya.

Menurutnya, jalan sehat sangat penting bagi setiap individu masyarakat. Apalagi saat ini masyarakat  dituntut untuk sehat jasmani, rohani, dan sehat mentalnya. “Sehat jasmani dan rohani. Sekarang ini banyak orang yang sakit. Yang parah lagi sakit mentalnya. Jasmani sehat tetapi rusak mentalnya,” ungkapnya.

Ia mengingatkan, bahwa masyarakat yang sakit hanya akan menimbulkan berbagai bentuk kekerasan. Haedar mencontohkan, penyerangan terhadap penyidik KPK Novel Baswedan adalah bukti manusia sakit. “Berbagai bentuk kekerasan di republik ini tidak boleh terjadi. Kekerasan di keluarga, masyarakat, itu bentuk dari sakit. Tidak boleh ada lagi kekerasan,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Haedar juga mengapresiasi Kecamatan Depok Yogyakarta sebagai kecamatan yang maju disebabkan oleh budaya keilmuan yang terbangun. Oleh karena itu, ia mengharapkan Muhammadiyah dapat menjadi pelopor dinamisasi dalam masyarakat.  “Di Depok ini ada 26 perguruan tinggi. Tidak ada satu kecamatan yang punya 26 perguruan tinggi. Ini kecamatan termaju di muka bumi. Ada UGM, UNY, UPN, UIN, dan lain sebagainya. Jadikan sekolah Muhammadiyah sebagai taman untuk berjalan dan bergerak,” tuturnya.(Ar/Suara Muhammadiyah).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL