Sumber: Suara Muhammadiyah

Yogyakarta, LiputanIslam.com– Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammdiyah Haedar Nashir mengajak semua pihak untuk menjadikan pendidikan sebagai benteng terdepan dalam membangun bangsa. Hal itu penting untuk meredam berbagai dampak negatif yang muncul dengan adanya perubahan sosial belakangan ini. Pernyataan tersebut disampaikan Haedar Nashir saat meresmikan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Wonosobo, Gunung Kidul, Yogyakarta, pada Minggu (26/3).

“Jadikan pendidikan benteng terdepan kita dalam membangun bangsa dan meredam dampak negatif dari segala perubahan sosial yang ada,” ujarnya.

Menurut Haedar, sebagai bukti dari ikhtiar dalam memajukan pendidikan, Perguruan Tinggi Muhammdiyah (PTM) tidak hanya berfokus kepada pengembangan dirinya sendiri. Namun, dengan melakukan ta’awun, PTM turut membantu mengembangkan pendidikan di level  dasar dan menengah di tanah air.

Pada kesempatan itu, ia juga berpesan kepada para guru agar bersungguh-sunguh dan bersabar dalam mendidik siswa, sehingga nanti akan lahir generasi yang rahmatan lil alamin. “ Memang tidak ada apapun yang dimulai dengan mudah. Namun, tugas guru setelah ini adalah membesarkan sekolah ini supaya dari sekolah ini mampu lahir generasi yang rahmatan lil alamin,” ucapnya.

Ia juga menekankan agar guru harus mampu menumbuhkan dan membangun inner dynamic, yakni suatu hasrat atau kekuatan dalam diri yang memacu untuk selalu maju dan berkembang.  Menurutnya, inner dynamic  merupakn syarat yang harus dimiliki jika suatu bangsa ingin maju. “Ini adalah salah satu kekuatan bangsa yang ingin selalu maju. Saat ini, kita masih memiliki masalah dalam membangun inner dynamic,”tuturnya.

Haedar Nashir menambahkan bahwa setiap negara maju memiliki tradisi ilmu yang kuat. Maka, hendaklah kita menjadikan madrasah sebagaai taman ilmu. “Tidak ada bangsa yang maju tanpa tradisi ilmu. Jadikan madrasah ini sebagai taman ilmu. Dan ingat, mencari ilmu itu ada pahala yang didapatkan,” kata Haedar. (Ar/Suara Muhammadiyah).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL