Sumber: metrotvnews.com

Tangsel, Liputanislam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa perkembangan teknologi 4.0 industri informasi  saat ini sangat cepat dan membawa banyak perubahan. Oleh karenanya, Presiden meminta untuk menghadapi teknologi itu dibutuhkan moralitas masyarakat yang lebih tinggi.

Hal itu disampaikan Presiden saat membuka Pameran Indonesia Science Expo (ISE) Tahun 2018 di Hall 5 Indonesia Convention Center (ICE) Serpong, Tangerang Selatan, Banten, pada Kamis (1/11) pagi.

“Untuk itulah, yang dibutuhkan sekarang adalah standar moralitas yang semakin tinggi berbarengan dengan penggunaan teknologi itu,” ucapnya.

Menurutnya, di  era teknologi saat ini, regulasi pemerintah/peraturan pemerintah tidak cukup menyelesaikan masalah, sebab tidak semuanya bisa dipagari oleh peraturan dan regulasi. Sebab itu, harus ada standar moralitas yang lebih tinggi dari sebelum jaman keterbukaan ini ada. “Kalau dulu katakanlah standarnya 6 ya sekarang standarnya harus 8 ya,” ujarnya.

Presiden mencontohkan penggunaan media sosial (medsos). Menurutnya, kita harus menggunakan medsos secara benar dan bertanggung jawab. “Jangan sampai justru karena adanya teknologi baru masuk, ada keterbukaan yang diperbolehkan tetapi karena moralitas kita yang tidak baik justru digunakan untuk ujaran kebencian, ujaran kedengkian, fitnah, hoax,” tegasnya. (ar/setkab).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*