Sumber: jawapos.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Salahuddin Wahid mengungkapkan bahwa KH Hasyim Asy’ari telah berhasil dalam memadukan nilai-nilai keislaman dengan keindonesiaan. Hal itu ia sampaikan dalam sambutannya mewakili keluarga KH Hasyim Asy’ari di peresmian Masjid Raya DKI Jakarta, di Daan Mogot Jakarta Barat, pada Sabtu (15/4).

“Beliau tokoh yang berhasil memadukan keindonesiaan dan keislaman, dan lewat putra-putranya turut pula memberikan sumbangsih besar bagi kemerdekaan Indonesia,” ucapnya.

Kiai Salahuddin Wahid atau biasa disapa Gus Sholah itu mengungkapkan, bahwa Masjid Raya Jakarta merupakan yang pertama memakai nama KH Hasyim Asy’ari. Ia berharap, masjid itu bisa berperan dalam mendakwahkan Islam sebagai rahmat bagi seluruh umat manusia. “Semoga berperan maksimal dan optimal dakwahkan Islam rahmatan lil alamin,” ujarnya.

Gus Sholah juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas penghargaan yang diberikan kepada KH Hasyim Asy’ari. Menurut Gus Sholah, penghargaan itu tepat bagi sosok KH Hasyim Asy’ari yang telah memberikan sumbangsih besar bagi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Selain itu, lanjut Gus Sholah, KH Hasyim Asy’ari pula yang berhasil menanamkan cinta Tanah Air di kalangan umat Islam. Ia juga menambahkan, KH Hasyim Asy’ari pula menegaskan Islam Indonesia yang tidak liberal dan tidak konservatif. (Ar/Republika)

 

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL