Sumber: nu.or.id

Magelang, LiputanIslam.com– Ketua Umum Seni Pencak Silat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama (Pagar Nusa NU), Nabil Haroen menegaskan bahwa Pagar Nusa berkomitmen untuk loyal kepada kiai dan ulama. Karena itu, sudah menjadi kewajiban bagi para pengurus dan anggota seni bela diri ala NU ini untuk menyempatkan waktu minimal dalam sebulan untuk menjalin silaturahim dengan para sesepuh dan ulama setempat.

“Kami sudah berikrar di hadapan para kiai, bahwa Pagar Nusa wajib sowan sesepuh,” ucapnya pada saat melantik Pimpinan Rayon Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Kaliabu, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang Jawa Tengah, seperti dilansir NU Online, pada Senin (9/4).

Gus Nabil menyampaikan agar para pengurus dan anggota Pagar Nusa menyempatkan silaturahim dan sowan kepada ulama dan kiai setempat sekali dalam sebulan. Menurutnya, jika ada anggota pendekar Pagar Nusa yang jarang atau tidak melakukan sewon kepada kiai, maka diragukan jati dirinya sebagai pendekar.

“Kalau ada anggota Pagar Nusa, atau mengaku Pagar Nusa, tapi tidak mau sowan kepada kiai, itu bukan Pagar Nusa,” tegasnya.

Pada acara pelantikan Pimpinan Rayon Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Kaliabu tersebut, tampak hadir juga pengurus wilayah, Ketua PCNU Kabupaten Magelang KH Mahsun Mahfudz, para alim ulama se-Kabupaten Magelang, serta 4000 tamu undangan. (ar/NU Online).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*