Sumber: nu.or.id

Jakarta, Liputanislam.com– Ketua Umum Pimpinan Pusat Pencak Silat NU Pagar Nusa, M. Nabil Haroen (Gus Nabil) menegaskan bahwa Pagar Nusa akan selalu setia pada negara dan bangsa Indonesia. Setia pada Indonesia yang berdiri di atas empat pilar berbangsa, yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Undang-Undang Dasar 1945.

Hal itu disampaikan Gus Nabil pada kegiatan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) Pagar Nusa di Gedung Korea-Indonesia Technical and Cultural Coorperation Center (KITCC) Ciracas, Jakarta Timur, pada Senin (21/1) malam.

“Jika ada kelompok-kelompok melawan empat pilar ini, sama halnya melawan pagar nusa atau NU, dan kita berada di barisan pagar terdepan. Nah, ini yang kemudian akan kita tanamkan dalam-dalam ke dalam lubuk hati dan sanubari pendekar-pendekar kita,” tegasnya.

Menurutnya, empat pilar berbangsa  merupakan kesepakatan para pendiri bangsa Indonesia, termasuk di dalamnya adalah tokoh-tokoh NU. Sebab itu, Pagar Nusa dan NU akan selalu menjaga empat pilar tersebut.

Pagar Nusa juga, lanjut Gus Nabil, selalu memegang prinsip-prinsip NU, seperti tawassuth, tasamuh, tawazun, dan i’tidal. “Di luar sana banyak kelompok-kelompok Islam yang amaliahnya sama, tapi napas perjuanganya berbeda, masih ada yang NKRI bersyariah, tapi dakwahnya dengan kekerasan. Itu jelas bukan bagian dari NU. Bukan bagian dari Pagar Nusa,” tandasnya. (aw/NU Online).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*