Sumber: islamramah.co

Rembang, LiputanIslam.com– Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ahmad Musthofa Bisri (Gus Mus) menegaskan akan pentingnya akhlak dalam kehidupan beragama. Menurutnya, isi keseluruhan agama itu adalah akhlak. Jika akhlak seseorang baik, maka agamanya juga baik.

Demikian hal itu disampaikan Gus Mus pada acara Ngaji Pasanan Kitab Kimya as-Sa’adah karya Imam Al-Ghazali di Pesantren Raudlatuth Thalibien Leteh Rembang, Jawa Tengah (Jateng), seperti dilansir NU Online, pada Jumat (10/5) malam.

“Kalau dengan akhlak bagus itu kita atau qolbu itu mendapatkan kebahagiaan. Kalau akhlak yang buruk ya tidak, jadi akhlak itu penting sekali,” katanya.

Bahkan menurutnya, Nabi Muhammad SAW telah  bersabda bahwa nanti di hari kiamat yang dekat dengan Rasulullah dan majelisnya di surga adalah orang orang yang berakhlak. Bukan orang kaya, pejabat maupun orang orang yang memiliki jabatan terhormat di dunia.

“Kata Nabi SAW, umat-umatnya yang dekat nanti di hari kiamat dengan beliau dan majelisnya di sana adalah yang baik-baik akhlaknya bukan yang kaya yang pintar bukan yang pandai bukan yang berpangkat tapi yang berakhlak, akhlaklah ya penting,” tuturnya. (aw/NU Online).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*