Sumber: islami.co

Jakarta, LiputanIslam.com– Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang, KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) mengatakan bahwa Almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) merupakan sosok yang mampu membangun ukhuwah insaniyah yakni persaudaraan sesama manusia. Sehingga dengan ukhuwah insaniyah itulah Gus Dur dapat memaklumi semua manusia.

“Ini kuncinya, yang dipikirkan adalah semua manusia makanya Gus Dur bisa memaklumi semua,” ucap Gus Mus pada puncak acara Sewindu Haul Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan, pada Jumat (22/12).

Menurut Gus Mus, kemampuan membangun ukhuwah insaniyah atau basyariah akan didapatkan bagi mereka yang sudah melewati tingkatan sebelumnya yakni ukhuswah Islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam) dan ukhuwah wathaniyah (persaudaraan sesama bangsa).  Dan Gus Dur sudah melewati tingkatan itu.

Gus Dur mampu berada pada tingkatan ukhuwah insaniyah, lanjut dia, karena banyak melakukan perjalanan, baik secara fisik maupun rohani. Gus Dur telah berkunjung ke banyak tempat hingga ke luar negeri. Sementara perjalanan rohani dengan banyak membaca buku.

Menurut Gus Mus, ketidakmampuan manusia bahkan pada tingkatan menjalin ukhuwah Islamiyah, terjadi karena pandangan yang sempit. “Ada yang mengira Allah menciptakan surga hanya untuk orang segitu saja, se-Jakarta saja,” kata Gus Mus disambut riuh tawa hadirin. “Gus Dur sudah piknik ke mana-mana,” tambahnya. (Ar/NU Online).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*