Sumber: rri.co.id

Pontianak, LiputanIslam.com– Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Cornelis mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan toleransi antar umat beragama. Apalagi menurutnya tantangan ke depannya semakin berat dan kompleks, maka dibutuhkan kekompakan dan hubungan yang baik antar semua pihak.

“Kita membangun daerah tidak bisa sendiri. Jadi harus ada kekompakan dan kerja sama yang terjalin baik mulai pusat sampai tingkat desa,” ujarnya ketika meresmikan Gereja Katolik Paroki Maria Ratu Pencinta Damai (MRPD) di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, pada Senin (1/1).

Menurut Cornelis, gereja berfungsi sebagai rumah ibadah untuk membangun kualitas keimanan umat. Sehingga tokoh agama terutama kalangan Kristiani diharapkan mau bekerjasama dengan pemerintah untuk menyukseskan pembangunan di segala bidang.

Ia juga mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga toleransi antarumat beragama karena agama diturunkan untuk meningkatkan peradaban manusia supaya lebih baik. “Agama bukan untuk menciptakan ketegangan dan keributan tapi untuk menciptakan perdamaian,” ucapnya.

Sementara Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus mengatakan bahwa gereja MRPD adalah gereja Katolik termegah ketiga setelah Katedral Santo Yosep Pontianak, Katedral Sintang yang dibangun zaman Gubernur Cornelis. Ia menyampaikan apresiasinya kepada sang gubernur  karena selain membangun gereja, juga membangun tempat ibadah umat agama lain yang tidak kalah representatifnya. (Ar/Antara).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*