Sumber: nu.or.id

Bekasi, LiputanIslam.com– Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) menyatakan siap mengawal proses hukum atas pengeroyokan dan pembakaran yang menyebabkan M. Alzahra meninggal dunia. M. Alzahra dituduh mencuri amplifier Mushala Al Hidayah, Babelan, Bekasi pada beberapa waktu lalu. GP Ansor juga menyesalkan tindakan main hakim sendiri oleh massa tersebut.

GP Ansor mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan cara-cara beradab terhadap berbagai persoalan yang ada. GP Ansor juga mendukung penuh aparat hukum mengusut secara tuntas dan seadil-adilnya kasus pengeroyokan tak berprikemanusiaan itu. Pernyataan tersebut disampaikan PP GP Ansor saat mengunjungi rumah duka di Bekasi, seperti dilansir NU Online, pada Selasa (8/8).

Berikut pernyataan sikap LBH PP GP Ansor:

  1. Turut berbela sungkawa terhadap keluarga korban yang telah dituduh melakukan pencurian oleh sekelompok massa dan dihakimi hingga mengakibatkan meninggal dunia.
  2. Menyatakan keprihatinan yang sangat mendalam bahwa main hakim sendiri dalam bentuk apa pun merupakan tindakan yang tidak berperikemanusiaan dan melawan hukum yang berlaku.
  3. Mengimbau kepada masyarakat agar mengedepankan cara-cara yang berperikemanusiaan dan beradab sesuai norma sosial dan hukum yang berlaku yang menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah.
  4. LBH PP GP Ansor siap mengawal dan mendampingi keluarga korban agar mendapatkan keadilan sesuai hukum yang berlaku.
  5. Mendukung aparat hukum agar melakukan proses hukum secara tuntas dan transparan serta seadil-adilnya terhadap para pelaku.

Sementara sebelumnya, Menteri Sosial Republik Indonesia  (Mensos) Khofifah Indar Parawansa juga meminta kepada masyarakat untuk tidak main hakim sendiri. “Saya meminta masyarakat agar terlebih dahulu menggunakan asas praduga tak bersalah. Jangan main hakim sendiri, apalagi hingga terjadi korban,” ucapnya. (Ar/NU Online)

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL