Sumber: duta.co

Jakarta, LiputanIslam.com– Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor), Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) meminta masyarakat untuk terus sabar memantau rekapitulasi suara oleh KPU yang dilakukan secara manual dan berjenjang dari kecamatan, kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional. GP Ansor sendiri menurutnya mendukung KPU dalam menyelesaikan tahapan-tahapan Pemilu tersebut.

“Setelah menggunakan hak politik dengan mencoblos, kita berharap agar seluruh masyarakat sabar menunggu dan mengikuti tahapan pemilu yang sudah masuk tahap rekapitulasi suara,” katanya di Jakarta, pada Minggu (21/4).

GP Ansor memberikan apresiasi yang tinggi kepada para petugas dan penyelenggara pemilu di lapangan yang bekerja secara serius tanpa kenal lelah. Walaupun ia juga merasa prihatin dengan beberapa petugas yang gugur ketika melaksanakan tugas di TPS karena kelelahan.

“Pemilu 2019 benar-benar menguras energi para petugas karena antara pemilihan legislatif  (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) digelar serentak. Banyak laporan petugas KPPS yang kelelahan dan sakit hingga gugur dalam menjalankan tugas,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Gus Yaqut mengingatkan semua pihak agar tidak ada yang mengerahkan massa/ people power yang dapat menganggu kinerja penyelenggara Pemilu yang sedang berjalan. Menurutnya, hasil Pemilu percayakan saja pada KPU.

“Kita melihat ada kegembiraan di TPS-TPS saat pencoblosan, terbukti dengan partisipasi pemilih yang tinggi. Jangan sampai kegembiraan ini dihinggapi ketakutan sehingga mengganggu semua tahapan pemilu. Sabar, percayakan semua kepada KPU,” ujarnya. (aw/NU Online).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*